Pelamar CPNS Hanya Boleh Daftar Satu Formasi

Pelamar CPNS Hanya Boleh Daftar Satu Formasi
MASIH LENGANG: Kantor BPKSDM Kota Mataram masing lengang, baru ada 15 pelamar yang datang. (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM – Para Calon  Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 harus ekstra hati-hati. Tahun ini diberlakukan sistem satu pilihan, tidak lagi bisa memilih banyak tempat seperti tahun sebelumnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati mengatakan, sejak pembukaan pendaftaran tanggal 30 September, persiapan penenerimaan sudah  matang. Para pelamar yang hendak mendaftar secara online bisa langsung  di Kantor BKPSDM di Jalan Langko.

‘’Sejumlah perangkat sudah disiapkan serta tenaga operator setempat untuk memudahkan para pendaftar. Pelamar diminta lengkapi berkas serta tetap hati-hati dalam memilih formasi CPNS karena sekarang tidak bisa lebih memilih dari satu,’’ katanya, kepada Radar Lombok, Senin kemarin, (1/10).

Para pelamar, kata Nelly, sudah bisa langsung ke BKPSDM untuk mendaftar serta verifikasi. Hal ini, khusus pendaftaran warga  Kota Mataram. Sampai saat ini masih banyak pelamar yang  belum memahami tata cara pendaftaran.

‘’Masih ada  yang kesulitan mereka mendaftar, kita sudah siapkan perangkat. Untuk pelamar sesuai dengan batas waktu  sampai tanggal 15 Oktober,’’ jelasnya.

Penerimaan tahun ini ada perbedaan seperti  tahun 2014 lalu. Salah satunya, cara perhitungan untuk menentukan passing grade. Misalnya,  dibutuhkan akuntansi ada empat,  mereka akan melalui ranking yang tetinggi passing gradenya.  ‘’Kita akan pertanyakan ke Kemenpan RB. Karena sekarang ada kemungkinan yang kosong, mungkin banyak formasi diambil di satu tempat. Sehingga banyak yang kosong,’’ jelasnya.

KLIK DISINI UNTUK IKUT SIMULASI CAT CPNS ONLINE 2018

Untuk formasi Kota Mataram yang sudah ditetapkan yakni, tenaga guru 130, tenaga kesehatan 100, tenaga teknis 30 dan dua  khusus eks tengah honorer K2 satu kesehatan dan satu guru.

‘’Mereka belum tentu lulus, tergantung hasil tes yang untuk tenaga honore tersebut,’’ singkatnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Ahmad Mujahidin menambahkan, ada beberapa kriteria dalam penilaian. Terutama untuk  Tes Kompetensi Bidang (TKB) bagi yang lulus pasing grade. ‘’Nanti tergantung nilainya, akan diranking. Semuanya secara online,’’ katanya. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut