Pelaksanaan STQ Siap Dimulai

JUMPA PERS: Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar memberikan keterangan terkait mantapnya persiapan pelaksanaan STQ yang siap dilangsungkan, mulai hari ini (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG-Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXIV tingkat Provinsi NTB 2016 di Kabupaten Lombok Utara (KLU), siap dimulai.

STQ yang yang berlangsung 4 tahun sekali ini rencana akan dibuka hari ini, Sabtu (12/11) hingga 18 November mendatang. STQ ini akan diikuti sebanyak 480 peserta dari 10 kabupaten/kota di NTB. Mereka akan mengikuti tiga cabang mata lomba yang akan dipertandingkan di empat titik lokasi.

Selama pelaksanaan, panitia daerah menjamin peserta dan dewan hakam mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan kebutuhan dasar terpenuhi. “Kami telah meninjau persiapan STQ ini, hampir 100 persen sudah mantap, tinggal merapikan saja. Dalam dua hari kedepan saya menjamin sudah siap secara keseluruhannya,” kata Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar pada jumpa pers, kemarin (11/11).

Dijelaskan, pelaksanaan akan dimulai pada pukul 08.00 Wita, Sabtu (12/11) dengan mengadakan penerimaan dan penyambutan peserta dan dewan hakam. Baru selanjutnya, pada pukul 12.00 Wita mengajak santri, pelajar, dan masyarakat untuk mengkhatamkan Alquran di Masjid Agung Baiturrahim Tanjung. Kemudian, pukul 08.00 Wita, Minggu (13/11) menggelar pawai ta’aruf, dimulai dari terminal Tanjung. Baru pukul 19.30 Wita dilangsungkan pembukaan STQ yang akan dibuka Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi. “Kami ingin dalam pelaksanaan STQ ini, Lombok Utara yang ditunjuk sebagai tuan rumah harus sukses dalam pelaksanaan dan sukses dalam prestasi,” harapnya.

Ketua Panitia STQ Daerah Lombok Utara, H Suardi menerangkan, masing-masing kafilah membawa kontingen 48 orang. Sehingga berjumlah 480 orang dari 10 kabupaten/kota yang akan diinapkan di 36 rumah penduduk di tiga desa, yaitu Sokong, Jenggale, dan Tanjung. Sedangkan, dewan hakam sebanyak 68 orang yang diinapkan di hotel Mina dan Bay Marina Tanjung.

Pada perlombaan STQ ini, jelasnya, ada tiga cabang mata lomba. Yaitu, tilawah golongan anak-anak yang berlomba di panggung utama lapangan Tioq Tata Tunaq, hifzh Alquran golongan 1 juz dan tilawah berlokasi di Gedung Serbaguna, hifzh Alquran golongan 5 juz dan tilawah berlokasi di Gedung Serbaguna, hifzh Alquran golongan 10 juz berlokasi di aula SMAN 1 Tanjung, hifzh Alquran golongan 20 juz berlokasi di Aula SMAN 1 Tanjung, hifzh Alquran golongan 30 juz berlokasi di Masjid Nurul Islam Tanak Song, dan tafsir Alquran golongan bahasa Arab berlokasi di Masjid Nurul Islam Tanak Song. “Perlombaan ini akan ditutup dan diumumkan pemenang pada pukul 19.30 Wita, Kamis (17/11),” terangnya.

Kemudian, para kafilah telah memiliki pendamping yang melibatkan semua SKPD dan kecamatan. Masing-masing SKPD dan Kecamatan telah mengetahui mana kontingennya, dan pihaknya telah menyiapkan kendaraan peserta sebanyak 44 unit mini bus dan 8 unit dewan hakam, panitia 3 bus. Jadi, total kendaraan yang disiapkan mencapai 60 unit.

Sementara, dari jalur pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat keamanan yang akan mengatur lalu lintas selama pelaksanaan. “Kepolisian ada 109 personil, Dishubkominfo 30 personil, dan Sat Pol PP 100 personil. Ini akan bertugas selama pawai hingga penutupan acara,” jelas Kepala Dishubkomonfo Sinar Wugiyarno.

Ketua TP PKK Lombok Utara, Hj Rohani Najmul Akhyar yang terlibat di bagian panitia akomodasi dan konsumsi. Pihaknya telah menyiapkan baik akomodasi dan konsumsi. Selama pelaksanaan STQ pihaknya bersama Dinas Kesehatan sangat memperhatikan makanan peserta. Karena disesuaikan jangan sampai konsumsi membuat suara peserta rusak dan kejadian yang tidak diinginkan. Karenanya, pihaknya akan selektif memilih konsumsi peserta. "Karena peserta STQ tidak terlalu makanan pedas," katanya.

Kemudian, tempat penginapan dijamin aman baik sirkulasi udara dan kebutuhan air yang tersedia, termasuk juga kebersihan. Pihaknya juga mengajak catering untuk ikut berpartisipasi sebagai motivasi ibadah. "Insya Allah kenyaman peserta akan selalu dijaga," tandasnya

Sementara itu, Sekda Provinsi NTB H Rosyadi Sayuti yang turun meninjau lokasi mengapresiasi kinerja panitia. Ia berharap kepada pemerintah Lombok Utara sebagai pelaksanaan yang baru pertama kali diberlangsung harus bisa sukses dan maksimal. “Lombok Utara harus sukses memberikan kesan yang baik, terutama pada pelayanan sehari-hari seperti makanan, kendaraan, dan penginapan. Jangan sampai ada peserta mengeluh dan mengalami sakit,” pintanya.

Ia juga mengimbau, jangan sampai ada dewan hakam yang tidak profesional dalam menilai peserta. Dan perlu mengingatkan para dewan hakam agar selalu berimbang dalam penilaian. “Jangan sampai ada juri yang berat sebelah,” imbuhnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid