Pelaksanaan Pansel Ditargetkan Bulan Ini

H Suardi MH (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Rencana pelaksanaan panitia seleksi (Pansel) untuk membuka peluang bagi pejabat prestasi mengisi 13 jabatan lowong akan segera dilaksanakan.

Sekretariat Daerah Lombok Utara menargetkan pelaksanaan Pansel tersebut ditargetkan bisa dilaksanakan pada bulan ini. “Kami menargetkan, pansel akan dilaksanakan pada bulan ini. Karena kami ingin cepat menyelesaikan jabatan lowong supaya proses pelaksanaan pembangunan semakin cepat,” terang Sekda Lombok Utara H. Suardi, kemarin.

Untuk memastikan supaya dilaksanakan pada bulan ini. Pihaknya tengah berkoordinasi dengan KASN mengenai permohonan pelaksanaan pansel, sebab pihak KASN masih mempelajari berkas tersebut. Sedangkan, tim pansel sendiri sudah terbentuk dan posisi nama-nama tim ini masih proses pengajuan ke KASN. “Rekomendasi tim pansel juga dari Pansel,” jelasnya.

[postingan number=3 tag=”pansel”]

Terkait siapa nama-nama tim pansel, Suardi enggan menyebutkan dengan alasan masih diproses di KASN. Yang jelas tim pansel ada dua, unsur akademisi dan unsur internal. “Kalau nama-nama ini masih kami usulkan ke KASN. Nama-nama yang diusulkan ini orang-orang yang berpengalaman,” katanya.

Persyaratan pansel sendiri sudah diterima KASN. Pihak KASN meminta hasil evaluasi jabatan pratam pada sebelumnya, dan data-data evaluasi itu sudah diserahkan KASN tersebut. Dalam pansel pihaknya tidak main-main, karena setiap tahapan itu dilakukan sesuai acuan perundang-undangan. “Kita ingin baik dan kami tidak ingin dipersoalkan gara-gara dari aturan,” harapnya.

Apakah pansel ini dikhususkan pada 13 jabatan lowong ataukah termasuk juga pejabat yang segera pensiun. Suardi belum berkenan membeberkan, pihaknya sendiri masih melihat perkembangan. Namun, ia mengakui bahwa para pejabat yang akan pensiun sangat dekat masa waktu pensiun pada pertengahan tahun nanti. “Tapi, kita harus juga psikologis para pejabat yang akan pensiun ini,” tandasnya.

Mengenai jabatan eselon III dan IV sendiri tidak akan imbas, karena sudah dievaluasi pada perombakan OPD kemarin. Para pejabat yang baru dievaluasi nanti akan dievaluasi setelah setahun berjalan. Pihaknya akan mengevaluasi jabatan ini apabila dalam keadaan darurat seperti ada yang meninggal atau lainnya. Jika pun nanti pada pembukaan pansel, banyak pejabat eselon III yang ikut serta maka akan diisi pada pasca pansel tersebut. “Eselon III dan IV kita akan evaluasi kalau sudah masuk setahun, dan evaluasi itu sendiri rutin dilaksanakan pada setiap waktu yang telah ditentukan,” pungkasnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid