Pelajar SMKN 3 Mataram Dilatih Cari Aman Berkendara

SMK3-SAFETY
EDUKASI : Peserta safety riding dari siswa SMKN 3 Mataram mendapatkan hadiah dari tim safety riding Astra Motor NTB, Jumat (12/3). (IST/ RADAR LOMBOK )

MATARAM – Tingginya angka pelanggaran lalu lintas di jalan raya disebabkan oleh kurangnya pemahaman para pengguna jalan tentang keselamatan berkendara. Dan pelanggaran lalu lintas tertinggi kerap ditemukan pada pengendara sepeda motor. Tidak sedikit para pengguna motor yang belum paham tentang safety riding atau keselamatan berkendara yang menjadi pemicu kecelakaan lalu lintas.

Untuk itu, komitmen Astra Motor NTB sebagai pelopor keselamatan berkendara atau yang sering di gaungkan #Cari_Aman, mengadakan kegiatan edukasi safety riding bersama siswa SMK Negeri 3 Mataram , Jumat (12/3).

Kegiatan yang berlangsung dari Aula SMKN 3 Mataram diikuti sebanyak 40 siswa dari kelas XII jurusan Teknik Mesin. Penyelenggaraan edukasi kali ini digelar secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan ketat, seperti pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker dan menjaga jarak antar tempak duduk peserta di Aula SMKN 3 Mataram.

Tujuan diselenggarakannya edukasi keselamatan berkendara bagi siswa ini untuk memberikan edukasi tentang keselamatan berkendara yang aman dan nyaman di jalan. Sambutan hangat disampaikan oleh Bapak Haruman selaku guru dari SMKN 3 Mataram.

“Terima kasih kepada Astra Motor NTB selaku Main Dealer motor Honda yang kerap memberikan edukasi tentang keselamatan berkendara kepada siswa kami. Semoga materi yang disampaikan ini dapat diterima dan diaplikasikan pada keseharian siswa kami,” ucap Haruman.

Adapun rangkaian acaranya diawali dengan pembukaan. Kemudian pemaparan materi edukasi keselamatan berkendara dan pada akhir sesi sharing peserta diberikan postest untuk mengukur kepahaman dari materi yang disampaikan. Postest ini juga berhadiah berupa apparel ekslusif dari Honda. Hingga tak terasa acara yang dimulai sejak pukul 09.00 Wita itu berlangsung dengan lancar hingga pukul 11.45 Wita.

Edukasi keselamatan berkendara kali ini diikuti oleh siswa jurusan Teknik Mesin kelas XII SMKN 3 Mataram. Para peserta terlihat bersemangat selama materi diberikan. Pemateri dibawakan langsung oleh Deni Surahman atau yang akrab disapa Mas Densu selaku Safety Riding Instruktur AHM Jakarta secara online atau melalui zoom.

“Meski dilakukan secara virtual, tak mengurangi antusias dan fokus para siswa selama acara berlangsung,” ungkap Satria Wiman Jaya selaku Safety Riding Instruktur Astra Motor NTB. (luk)

BACA JUGA :  Honda NTB Gelar ‘PRESEAN’ di Desa Lendang Belo