Pekaseh di Lotim Dapat Kendaraan Dinas

HM. Sukiman Azmy (Dok/Radar Lombok)

SELONG – Pemkab Lombok Timur  memberikan kendaraan dinas kepada para pekaseh (pengatur air) di semua desa dan kelurahan. Sepeda motor diberikan secara bertahap mulai tahun ini.

Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy, ketika dikonfirmasi membenarkannya.  Sukiman menjelaskan,  untuk sementara Pemda baru memberikan Randis kepada satu pekaseh per desa disesuaikan dengan kemampuan anggaran. “Kita sesuaikan dengan kapasitas. Soalnya di setiap desa itu terkadang ada lima  sampai enam pekaseh. Untuk  sementara ini satu desa  termasuk kelurahan akan kita berikan satu kendaraan untuk para pekaseh,” kata bupati kemarin.

Baca Juga :  Bupati Lotim Jenguk Inaya dan Anaya

Setelah ditotal, total Randis yang akan disiapkan mencapai 254 unit sepeda motor. “ Soalnya setiap pekaseh ini kan memiliki jam kerja berbeda. Jadi motor yang kita berikan itu bisa dipakai secara bergiliran,” katanya.

Ia meminta sepeda motor ditaruh di kantor desa. Pekaseh menggunakannya saat ada keperluan yang berkaitan dengan tugasnya. Pemeliharaan dan lainnya sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pemerintah desa.” Walaupun  Randis ini aset Pemda namun akan menjadi tanggung jawab pemerintah desa,” tegas Sukiman.

Baca Juga :  Kunker, Pejabat Luar Harus Menginap di Lotim

Pemkab Lombok Timur tetap berupaya agar Randis untuk pekaseh ini bisa ditambah lagi di tahun mendatang. Kalau anggaran mencukupi di tahun mendatang Pemkab berencana kembali akan memberikan satu unit lagi sepeda motor ke pekaseh yang ada di semua desa dan kelurahan.” Ini memang berat, tapi kita akan berupaya  untuk menambah,” tutupnya.(lie)