Pedagang Pasar Paok Motong Ditertibkan

Pasar Paok Motong
PENERTIBAN: Para pedagang yang biasa berjualan di pinggiran jalan Pasar Paok Motong, akhirnya ditertibkan oleh petugas, karena disinyalir menjadi biang kemacetan arus lalu lintas. (IST FOR RADAR LOMBOK)

SELONG—Pemkab Lombok Timur (Lotim) langsung bergerak melakukan penertiban terhadap para pedagang yang berjualan di pinggiran jalan raya Pasar Paok Motong, Kamis kemarin (22/2). Penertiban dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kemacetan yang  biasa terjadi di depan Pasar tersebut.

Dalam penertiban itu, para pedagang yang biasa berjualan didekat bahu jalan dipindahkan beberapa meter kebelang dari tempat biasa  mereka menjajakkan  barang dagangannya. Proses penertiban sendiri dilakukan langsung oleh petugas Pol PP dan intansi terkait lainnya yang ada di Lotim. Selain itu Pjs Bupati Lotim juga turun langsung ikut mengawal proses penertiban tersebut.

Setelah penertiban dilakukan, kini kondisi jalan di depan Pasar Paok Motong yang paginya selalu macet kini sudah tidak lagi terjadi. Tidak hanya itu, kendaraan roda empat  maupun roda  dua   juga dilarang parkir sembarangan.  Setiap paginya petugas dari Satlantas Lotim juga  dikerahkan untuk mengatur arus lalu lintas.

“Untuk mengatasi kemacaten terutama di Pasar Paok Motong ini diperlukan kerjasama yang baik degan semua pihak . Pedagang diminta untuk mundur dari berjualan dari bahu jalan,” ungkap Kabag Humas Pemkab Lotim, Ahmad Subhan.

Sementara itu, Kapolres Lotim melalui Kasat Lantas Polres Lotim, AKP I Made Hendra Agustia mengatakan, setelah dilakukan pengaturan terhadap para pedagang yang biasa berjualan di pinggir jalan Pasar Paok Motong, kemacetan kini sudah tidak lagi terjadi seperti sebelumnya. “Kalau kita melakukan pengaturran arus.Kita melakukan pendekatan ke masyarakat, seperti apa yang diarahkan oleh Bupati,” katanya.

Kemacaten yang terjadi sebelumnya juga disebabkan karena banyaknya kendaraan yang berhenti sembarang. Selain itu, jumlah petugas yang dikerahkan untuk mengatur lalu luntas jumlah terbatas. Namun saat ini, khusus untuk wilayah Pasar Paokmotong, setiap paginya Satlantas akan tetap mengerahkan satu regu petugas Lantas untuk mengatur arus lalu lintas di jalan raya Pasar tersebut.

“Kecuali sore hari. Kendalanya kita jaga di kawasan KTL. Tapi kita sudah koordinasi dengan Polsek setempat untuk menjaga lalu lintas di  Pasar itu. Tapi kalau pagi pasti kita tempatkan petugas kita disana,” jelasnya.

Satu regu petugas yang disiagkan di Pasar Paok Motong hanya sebatas mengatur kelancaran lalu lintas. Dan mereka tidak melakukan penindakan. Ketika ada pengendara yang parkir sembarang,  mereka akan langsung diberikan himbauan supaya tidak parkir di sembarang tempat.

“Yang penting dibutuhkan kerjasama. Karena jalan itu kan milik kita bersama . Jangan sampai aktifitas sebagian kecil orang menggangu orang banyak,” terangnya.

Tidak hanya Pasar Paok Motong, namun beberapa pasar lainnya juga sering terjadi kemacaten akibat persoalan yang sama, sehingga juga menjadi atensi mereka. “Kalau tempat lain seperti itu, tentu kita akan tempatkan petugas kita disana,” tutupnya. (lie)

BACA JUGA :  Relokasi Pasar Paok Motong Tidak Jelas