Pedagang Jalan Cilinaya Dicarikan Tempat Baru

PENDATAAN : Lurah Cilinaya dan tim melakukan pendataan dan sosialisasi kepada para pedagang yang ada di Jalan Cilanaya Mataram kemarin (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM– Pemerintah Kota Mataram masih mencarikan  solusi relokasi puluhan bangunan yang berdiri di Jalan Cilinaya. Pemindahan dilakukan karena lokasi saat ini melanggar tata ruang karena berdiri di garis sempadan sungai.

Beberapa waktu yang lalu ada rencana pedagang akan dipindah ke area Pura Dalem Karang Jangkong. Namun  rencana itu belum pasti karena belum ada titik temu kesepakatan antara Pemkot Mataram dan pengurus pura.

Asisten I Pemkot Mataram Lalu Martawang mengatakan, pemindahan pedagang ke area pura muncul karena dulu pernah ada wacana kalau para pedagang itu bisa dipindahkan ke komplek pura.” Pemindahan ke pura dalem itu satu alternatif yang dulu ditawarkan,” kata Martawang saat ditemui kemarin di kantornya (12/1) kemarin.

[postingan number=3 tag=”pedagang”]

Namun sepertinya rencanya tersebut berubah sehingga perlu dilakukan komunikasi dan pendekatan lagi ke pengurus pura.” Kuncinya kita ingin mengatur Jalan Cilinaya tetap indah dan bebas dari pelanggaran, tanpa harus merugikan pedagang,”terangnya.

Dengan pemasangan plang oleh Kementerian ATR, menunjukkan ada perhatian dari kementerian agar dilakukan penertiban. Maksud dari pemasangan plang tersebut agar Pemkot melakukan perbaikan dan penataan kawasan tersebut kembali seperti semula.

“ Penertiban kawasan itu pasti akan dilakukan tetapi terlebih dahulu akan dicarikan dulu solusinya,” kata Martawang.

Kalau misalnya dari pengurus pura tidak memperkenankan pemanfaatan lahan, Pemkot pasti akan mencarikan alternatif yang lain. Yang pasti dalam melakukan penertiban Pemkot tidak akan melakukan cara-cara yang keras, melainkan akan mengedepankan cara yang humanis.”Kalau bisa dengan cara humanis mengapa harus dengan kekerasan,” tegasnya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid