Pecatur NTB Segera Digodok Hadapi Pra-PON

Ilustrasi catur
Ilustrasi catur

MATARAM — Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) NTB bakal menggelar seleksi tim pra PON NTB. Pecatur yang berhasil lolos tahap seleksi akan memperkuat NTB di ajang pra PON wilayah Indonesia Timur yang akan digelar di Mataram, Oktober mendatang.

Sekretaris Pengprov Percasi NTB Vidi Eka Kusuma mengatakan, tim pra PON catur NTB nanti berjumlah enam orang. Dari enam orang tersebut ada satu orang yang sudah dinyatakan lolos tanpa seleksi yakni MN (Master Nasional) Edyson.

BACA JUGA: Karate Belum Tentukan Atlet Tampil di Popnas

“Dan yang lima orang pemain lainnya akan ditentukan melalui seleksi,” ujarnya, Jumat (21/6).

Vidi menjelaskan, seleksi akan dilakukan dalam dua tahapan. Peserta seleksi sendiri terdiri dari dua jenis. Yang pertama adalah peserta yang sudah ditetapkan bisa mengikuti seleksi oleh Pengprov Percasi NTB. Pecatur yang sudah ditetapkan Pengprov Percasi NTB bisa mengikuti seleksi tahap I adalah MN Miftahurrahman, MN Khairudin, MN M Nuh, MN Wahyullah, MN Tautherang, MN Iwan Jayadi, MP (Master Percasi) Ardiansyah, dan MP Ramlin.

Selain delapan orang tersebut, Percasi NTB juga memberikan kuota untuk Percasi kabupaten kota masing-masing dua orang. Peserta yang berasal dari kabupaten kota wajib menyerahkan rekomendasi yang ditandatangani ketua umum atau ketua Percasi kabupaten kota. Seleksi tahap satu akan menggunakan sistem Swiss Manager 9 babak catur standar dengan waktu berpikir masing-masing 90 menit. Seleksi tahap satu akan dilaksanakan 4 sampai 7 Juli di Kantor Dispora NTB.

BACA JUGA: Petenis NTB Bakal Tampil di Kejuaraan Internasional

”Peringkat 1 sampai 10 di seleksi tahap pertama akan melanjutkan ke seleksi tahap kedua,” katanya.

Kemudian seleksi tahap kedua akan dilaksanakan pada Agustus 2019. Dengan pelaksanaan seleksi yang digelar secara dua tahap itu, pihaknya menaruh harapan besar.

“Jadi dengan adanya seleksi ini, kami harap Percasi kabupaten kota bisa mengirimkan atletnya untuk ikut seleksi,” pungkasnya. (rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid