Pecatur NTB Akui Butuh Usaha Maksimal

Pecatur NTB Akui Butuh Usaha Maksimal
CATUR: Inilah sejumlah atlet Catur NTB ketika mengikuti pertandingan Pra PON.( NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Cabor Catur NTB akan menurunkan enam atlet di PON Papua. Lima pecatur putra dan satu pecatur putri. Meski berstatus grand master nasional, ke lima pecatur putra NTB harus mewaspadai pecatur-pecatur dari wilayah barat.

”Kemarin Pra-PON kita hanya menghadapi provinsi di wilayah timur. Di sini relatif ringan, berbeda dengan yang ada di wilayah barat,” ujar Pelatih Catur NTB, Suharyanto, Selasa (18/2).

Dikatakannya, pembagian wilayah di Pra-PON memiliki sisi positif dan negatif. Positifnya NTB berdasarkan statistik berada di provinsi lain sehingga berhasil lolos ke PON . Negatifnya, provinsi yang menjadi saingan berat tidak bisa dipetakan kekuatannya. Diantaranya seperti Jabar, Jakarta dan Jatim ini berat. Pihaknya mengakui masih butuh usaha yang lebih maksimal untuk memetakan kekuatan mereka.

Menurutnya, pecatur dari provinsi-provinsi tersebut ada yang berstatus grand master dan master internasional. Di atas kertas mereka menjadi unggulan di PON nanti. “Kita akan persiapakan pecatur lebih maksimal untuk menghadapi mereka,” cetusnya.

Untuk menghadapi lawan-lawan kuat ini, pecatur NTB membutuhkan try out melalui tumamen. Salah satu kejuaraan yang bisa diikuti adalah catur cepat di Jakarta, Maret mendatang. Karena dengan try out ini, calon lawan NTB bisa dipetakan kekuatannya. Melalui kejuaraan yang kemungkinan diikuti seluruh peserta PON nanti. Kejuaraan itu dianggapnya bisa dijadikan ajang uji coba sekaligus memetakan kekuatan lawan.

Pada PON Papua nanti, pecatur putra NTB akan mengikuti dua nomor yakni nomor pereorangan dan beregu. Dari dua nomor tersebut ada tiga kategori yang harus diikuti yakni catur cepat, catur kilat, dan catur klasik. ”Entry by number sudah selesai. Kita sudah daftarkan nomor yang akan kita ikuti ini,” jelasnya.

Ketua Pengprov Percasi NTB Abdullah Djais mengaku optimis pecatur NTB bisa menyumbangkan medali di PON mendatang. ”Sekarang kita fokus persiapkan tim. Waktu pelatda ini harus dimaksimalkan,” tandasnya. (rie) 

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid