Pawai Ogoh-Ogoh Mini di Mataram Meriah

Pawai ogoh ogoh di sejumlah lingkungan di Mataram meriah. (IST/POLRESTA MATARAM)

MATARAM–Pawai ogoh-ogoh mini berlangsung meriah di sejumlah lingkungan di Cakranegara, Mataram, Rabu (2/2/2022).

Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi mengatakan kebijakan pawai ogoh-ogoh mini ini dikeluarkan oleh Pemkot Mataram menindaklanjuti surat dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) NTB dalam kondisi pandemi covid-19.

“Selama dua tahun terakhir juga kita tidak menggelar pawai ogoh-ogoh, kegiatan seremoni seperti pawai ogoh-ogoh dalam bentuk mini di lingkungan masing – masing bisa dilaksanakan dengan pengawalan serta pengamanan jajaran Polsek,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Lombok Barat, Kota Mataram dan Kota Bima Ditetapkan PPKM Level 3, Ini Aturannya

Begitupun ibadah tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, surat keputusan PHDI NTB juga disampaikan ke pengurus PHDI Kota Mataram yang kemudian ditindaklanjuti dengan menyosialisasikan ke umat Hindu.

Kapolsek Sandubaya Kompol M. Nasrullah menambahkan ada beberapa lingkungan yang menyelenggarakan pawai ogoh-ogoh mini dan ada juga yang tidak melaksanakan namun langsung menyelenggarakan Upacara Pencaruan (Tawur Kesanga).

BACA JUGA :  Upacara Melasti di Lombok Utara Aman dan Lancar

“Seluruh personel kami turunkan sampai proses kegiatan selesai dengan pembatasan beberapa perwakilan umat serta protokol kesehatan covid-19 yang ketat, rangkaian ini dalam rangka proses perayaan menjelang Hari Raya Nyepi 1944 Caka, yang jatuh pada hari Kamis tanggal 3 Maret 2022 di wilayah hukum Polsek Sandubaya,” tutupnya. (RL)