Pathul Berpeluang Diusung di Pilkada NTB

BERPOTENSI: Ketua DPD Partai Gerindra NTB Lalu Pathul Bahri dan jajaran Kader Gerindra NTB dalam suatu kesempatan, beberapa waktu lalu. (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Setelah Lalu Pathul Bahri resmi menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra NTB, berkembang spekulasi bahwa Bupati Lombok Tengah itu berpeluang dijagokan di Pilkada NTB 2024.

Terkait hal tersebut, Pathul menjawab normatif. “Itu jadi kewenangan mutlak DPP,” ucapnya, kemarin.

Terkait apakah dirinya akan maju atau tidak di Pilkada NTB, Pathul mengaku belum bisa menjawab ke arah itu, karena Pilkada NTB masih lama. Selain itu, yang memiliki kewenangan menentukan siapa kader diusung, mutlak DPP. “Saya maju atau tidak, saya belum bisa jawab,” paparnya.

BACA JUGA :  Wacana Rohmi-Zul Digulirkan

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Mataram, Muhammad Ali melihat dengan Pathul Bahri menjabat sebagai Ketua Gerindra NTB tak lantas membuat Gerindra akan mengusung Pathul di Pilkada NTB 2024.

Ali melihat Pathul Bahri lebih berpeluang dijagokan kembali sebagai calon Bupati Loteng untuk periode kedua. Sebagai calon petahana, Pathul dinilai lebih berpeluang memenangkan Pilkada Loteng periode kedua, ketimbang Ketua PC NU Loteng itu didorong maju di Pilkada NTB. “Saya melihat Pathul akan lebih berpeluang ditunjuk partai untuk maju periode kedua sebagai calon Bupati Loteng. Karena peluang lebih besar menang lagi,” paparnya.

BACA JUGA :  Pilkada Lobar akan Habiskan Rp 30,3 Miliar

Apalagi Gerindra sudah menggadang-gadang Sekretaris DPD Partai Gerindra NTB Ali Usman Al-Khairi sebagai kandidat yang akan diusung di Pilkada NTB. Ali Usman juga sudah berkeliling ke seluruh kabupaten/kota memperkenalkan diri.

Kendati demikian, masih sangat terbuka kemungkinan Partai Gerindra akan mengusung kader lainnya, terlebih jika elektabilitas Ali Usman tidak memungkinkan untuk Pilkada NTB. (yan)