Pasukan Rajawali Beraksi Antisipasi Kriminalitas

Pasukan Rajawali Beraksi Antisipasi Kriminalisasi
DILEPAS: Kasat Sabhara Polres Lombok Tengah IPTU Anton Dopo saat akan melepaskan pasukan Rajawali. (SAPARUDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Aparat kepolisian kembali menunjukkan sikapnya sebagai abdi negara dalam melindungi rakyat.

Kemarin (15/6), Polres Lombok Tengah melepas Pasukan Rajawali untuk melakukan sosialisasi. Pasukan yang dibentuk khusus ini dihajatkan untuk mencegah terjadinya tindak pidana kriminalisasi. Terutama jelang lebaran Idul Fitri ini.

Hal ini mengingat banyaknya terjadi aksi kriminalitas di tengah masyarakat jelang Idul Fitri. Seperti pencurian, penjambretan, perampokan, dan bentuk aksi kriminal lainya. ‘’Terutama pada nasabah bank,’’ ungkap Kasat Sabhara Polres Lombok Tengah, AKP Anton Dopo usai melepas pasukannya.

Dijelaskan Anton, pasukan tour rajawali ini nantinya bekerja mengatur, mengawal dan memberikan pejagaan, khususnya bagi masyarakat yang baru saja pulang mengambil uang di bank. “Pasukan ini merupakan jelmaan khusus mengawal para nasabah yang baru pulang mengambil uang di bank, terutama dengan ukuran besar,” ungkapnya.

Dalam pengawalan ini lanjutnya, itu tidak dipungut biaya. Karena persoalan pengawalan dan memberikan keamanan merupakan tanggung jawab polisi. Yang semua itu sudah dibiayai oleh negara.

Untuk memperlancar program ini, pihaknya di sejumlah bank, tempat keramain dan yang lainnya, telah menyebarkan nomor yang bisa dihubungi. Nomor tersebut adalah nomornya sendiri, yakni 081933178321. “Jika ada kejahatan yang menimpa, silakan saja menghubungi nomor di atas, dan nomor ini juga tersebar di sejumlah titik,” akunya.

Anton mengaku, nomor pribadi ini digunakan demi kelancaran proses bantuan pertolongan. Karena prajurit biasanya lebih menunggu perintah dalam menjalankan tugasnya. Saat ada informasi masuk, Anton selaku atasan bisa memerintahkan anggotanya untuk mengejar informasi tersebut. “Disiplin prajurut tetap di atas segala-galanya, itulah polisi. Makanya saya pakai nomor pribadi, biar ketika ada yang minta bantua langsung saya perintahkan anggota,” jelasnya.

Patroli ini lanjut Anton, berlangsung sampai H-1 lebaran dan ini juga dalam rangka menciptakan Ramadan aman lebaran nyaman. (cr-ap)

BACA JUGA :  Kawasan Pantai Kuta Ditutup