Pastikan Malam Natal Aman, Gubernur Kunjungi Sejumlah Gereja

MENINJAU: Gubernur NTB, Zulfiflimansyah bersama Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Ikbal dan Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani memantau situasi malam Natal, Kamis (24/12/2020).

MATARAM-Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Zulfiflimansyah bersama Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Ikbal dan Danrem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani memantau situasi malam Natal, Kamis (24/12/2020).

Gubernur mendatangi beberapa gereja yang melakukan Misa Natal, dari gereja Kristen Protestan di seberang barat Pendapa Gubernuran NTB, yaitu Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Imanuel di Jalan W.R. Supratman, sampai Gereja Katholik Maria Immaculata di sebelah timur Pendapa Gubernuran NTB atau di Jalan Pejanggik. Selanjutnya, Gubernur ke GPIB Imanuel di Jalan Bung Karno, hingga berakhir di gereja Katolik ST Antonius Padua di Ampenan.

Gubernur disambut pemimpin gereja dan umat Kristiani yang mengikuti kebaktian malam Natal di halaman gereja. Tujuan kunjungan ini ingin memastikan bahwa pelaksanaan malam Natal dalam kondisi tetap aman dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Kami datangi beberapa gereja ingin memastikan keamanan dan kenyamanan mereka dan bagaiaman penerapan protokol kesehatannya,” ungkap Zul.

Zulfiflimansyah menyampaikan bahwa seluruh umat beragama, seluruh suku/etnis, serta seluruh komponen masyarakat adalah keluarga besar di dalam rumah besar perjuangan yang bernama NTB. Kedua, seluruh umat beragama di Indonesia dijamin dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan agama masing-masing dengan bebas, tenang, aman, dan nyaman, tapi tentu dengan mengikuti aturan yang ada.

“Alhamdulillah kita terharu melihat kebersamaan di NTB ini. Yang menjaga keamanan gereja itu adalah saudara-saudara kita semua tanpa melihat agama, suku dan lainnya. Mereka kompak menjaga NTB ini agar benar-benar aman,” ujarnya.

Zulkiflimansyah berharap kekompakan antar umat beragama di NTB ini tetap bisa dipertahankan dan bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah lainnya.

“Sebab dengan kebersamaan itulah pembangunan bisa berjalan dengan aman dan lancar,” jelasnya.

Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Ikbal menyampaikan bahwa pelaksanaan misa natal berjalan aman dan lancar.

Semua elemen pengamanan ikut andil dalam pelaksanaan pengamanan gereja. Bukan hanya dari kepolisian saja tetapi ada juga dari beberapa organisasi masyarakat (ormas) lintas agama.

“Sampai saat ini belum ada laporan menonjol. Doakan saja semoga tetap aman,” ungkapnya. (der)