Pasien Rumah Sakit Penuh Usai Lebaran

Ilustrasi Sakit
Ilustrasi Sakit

MATARAM – Fenomena meningkatnya warga masuk rumah sakit pascalebaran terjadi juga tahun ini. Salah satunya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB yang saat ini mengalami over kapasitas karena telah penuh. 

Direktur RSUD Provinsi NTB, Lalu Hamzi Fikri mengungkapkan, pihaknya saat ini menghadapi banyak pasien. Jumlah kamar yang disediakan telah penuh semua. “Sekaramg kamar-kamar di rumah sakit itu full, over,” terangnya saat bertemu Radar Lombok, Minggu (24/6).

Pihak rumah sakit, sebenarnya sejak beberapa waktu lalu telah menambah jumlah kamar. Dari yang sebelumnya 200 kamar menjadi 362 kamar. Namun penambahan tersebut, masih jauh dari kebutuhan saat ini.  Jumlah kamar yang ideal untuk RSUD Provinsi NTB sebanyak 500 hingga 600 unit kamar. Untuk bisa mewujudkan itu, tentu saja tidak mudah. Mengingat, membutuhkan tambahan anggaran lagi. 

Penuhnya kamar rumah sakit, tentu saja akan berdampak pada pelayanan. Pasien baru yang datang, akan sulit mendapatkan kamar. “Jadi kalau nanti ada yang tidak nyaman dengan tempat tidurnya, ya mohon maaf,” katanya.