Pasien Positif Corona Meninggal Hampir Setiap Hari

Ilustrasi pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal dunia(ist/)
Ilustrasi pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal dunia(ist/)
Advertisement

MATARAM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB kembali melaporkan kasus kematian baru akibat terpapar Covid-19.

 Pada Sabtu (27/6) pasien positif yang sempat dirawat tenaga medis dinyatakan meninggal tiga orang satu diantaranya bayi usia 1 tahun.  Dengan bertambah kasus baru tersebut, maka total jumlah kasus meninggal dunia di NTB menjadi 52 orang dari total jumlah kasus positif sebanyak 1199 orang. “Hari ini (Sabtu,red) juga terdapat penambahan tiga orang kasus kematian baru,”ungkap Sekretaris Daerah selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB, Lalu Gita Aryadi melalui press release yang diterima radarlombok.co.id, Sabtu malam (27/6/2020).

 Penambahan tiga kasus meninggal dunia tersebut, satu merupakan pasien asal Kota Mataram. Kedua pasien meninggal dunia asal Lombok Barat.Terakhir, ketiga, tambahan kasus meninggal dunia pada bayi usia 1 tahun asal Lombok Tengah.”Pasien meninggal dan dilakukan tatalaksana Covid-19.Kasus kematian karena Covid-19 sebagian besar disertai dengan penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular (hipertensi, jantung), diabetes melitus, atau penyakit paru kronis,” jelasnya.

 Sampai saat ini Kota Mataram masih menyumbang angka kematian akibat Covid-19 berjumlah 31 kasus,menyusul Lombok Barat dengan 14 kasus, Lombok Tengah dengan empat kasus, Lombok Timur dua kasus dan Lombok Utara satu kasus. Lalu, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa dan Dompu masing-masing satu kasus. Sedangkan Kabupaten Bima dan Kota Bima, tidak tercatat ada kematian.

 Kenaikan kasus positif Covid-19 dan meningkatnya kasus kematin juga diikuti dengan terus meningkatnya pasien sembuh. Tercatat ada  804 orang pasien sembuh. Ada penambahan  19 orang sembuh. ”Hari ini (Sabtu) terdapat penambahan 19 orang yang sembuh dari Covid-19 setelah pemeriksaan laboratorium swab dua kali dan keduanya negatif,” ungkap Gita.

 Penambahan pasien sembuh tersebut, berasal dari Kota Mataram sembilan orang, Lombok Barat dua orang, Lombok Tengah tujuh orang dan satu orang pasien dari luar Provinsi NTB.  Sampai saat ini di Kota Mataram  tercatat 297 pasien sembuh,Lombok Barat 159 pasien sembuh, Lombok Tengah 93 pasien sembuh, Lombok Timur 91 pasien sembuh dan Lombok Utara ada 44 pasien sembuh. Selanjutnya di Kabupaten Sumbawa Barat ada 11 pasien sembuh, Kabupaten Sumbawa 34 pasien sembuh, Dompu ada 42 pasien sembuh, Kabupaten Bima ada 21 kasus pasien sembuh, Kota Bima ada empat pasien sembuh serta luar Provinsi NTB ada  delapan pasien sembuh. ”Terima kasih kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam upaya pemutusan rantai penularan Covid-19,”ucapnya.

 Disampaikan juga, bahwa pemerintah juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada petugas kesehatan yang tanpa lelah memberikan pelayanan, baik pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat maupun pelayanan pengobatan kepada pasien positif Covid-19 di rumah sakit.  Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. “Pemerintah Provinsi menyediakan laman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,”tutupnya. (sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid