Pasca UN, 17 Laptop Diembat Maling

Ilustrasi Laptop Dicuri

MATARAM—Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah berlalu. Secara teknis, ujian tersebut dianggap lancar. Namun demikian, salah satu sekolah jenjang SMA harus kehilangan 17 laptop.

“Ya semuanya berjalan dengan baik, tapi ada 17 laptop yang hilang digondol maling,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) NTB, H. Muh. Suruji, Sabtu (15/4).

Meski menyatakan ada kehilangan laptop, tapi Suruji tak membuka identitas sekolah bersangkutan. Ia hanya menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi di Lombok Tengah. Namun dipastikan dari 17 laptop yang diembat itu tidak ada pihak siswa yang dirugikan. “Karena laptop itu milik sekolah,” jelasnya.

Selain menyatakan adanya laptop yang hilang, ia juga membeberkan soal adanya siswa yang menikah sewaktu proses ujian. Terhadap siswa bersangkutan dipastikan bisa mengikuti ujian susulan.

Terpisah, Kepala UPT Dikmen PK-PLK Dikbud NTB Loteng, Lalu Basri mengatakan, peristiwa kehilangan laptop tersebut benar adanya. Namun pihaknya tidak mengetahui tepatnya, kapan peristiwa itu terjadi. Peristiwa ini disebutnya terjadi tengah malam saat semua pihak sudah lengah. (cr-rie)