Pasar Tradisonal Dilengkapi Informasi Harga Sembako

TERTATA : Pasar Pagesangan adalah salah satu pasar percontohan di kota mataram dan sudah dilengkapi dengan kantor layanan informasi harga Sembako (Sudir/Radar Lombok)

MATARAMDinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Mataram menyediakan fasilitas layanan informasi harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional lewat monitor teks berjalan (running text) serta kantor khusus informasi harga.

Kepala Bidang Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Mataram Uun Pujianto mengatakan, untuk tahap awal,   beberapa pasar menjadi percontohan dan akan ditempatkan kantor informasi harga. Diantaranya di Pasar Mandalika, Pasar Kebon Roek, Pasar Cakranegara dan Pasar Pagesangan. “ Kita lakukan secara bertahap. Akan kita sediakan di seluruh pasar tradisional,” katanya kemarin.

Uun menjelaskan, penyediaan kantor informasi harga bahan kebutuhan pokok di pasar sebagai program pendekatan informasi kepada masyarakat. Ini dimaksudkan agar konsumen benar-benar mengetahui kondisi harga sewaktu mereka datang ke pasar, serta supaya tidak ada permainan harga yang mencolok.

Kantor informasi harga akan dibuat di pintu masuk pasar. Sehingga saat masyarakat datang ke pasar, mereka bisa langsung mengetahui harga bahan sebagai panduan mereka berbelanja.

Ia menjelaskan, ada puluhan komoditas barang yang harganya bisa diakses di kantor informasi secara terbuka. Warga bisa langsung ke kantor informasi harga, maupun dapat membacanya lewat running text. Harga yang ditampilkan diantaranya untuk beras, gula, minyak, tepung, daging, daging ayam, telur, kacang tanah, kacang kedelai, bawang, cabe, susu, garam, kentang, tomat, sayur, ikan dan ketela pohon. “ Jadi sebelum berbelanja, warga dapat mengecek harga dulu sehingga tahu harganya mahal atau turun,” ungkapnya.

Secara tidak langsung harga di pasar bisa dikontrol. Pedagang tidak bisa seenaknya memainkan harga. Begitu juga pembeli bisa tahu harga sebelum membeli.

Uun menambahkan, layanan  harga kebutuhan pokok tersebut telah mulai berjalan . Saat ini tengah dilakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaannya sehingga dapat diterapkan di tujuh pasar tradisional lainnya. “ Kita terus berikan pelayanan prima kepada masyarakat untuk kebutuhan bahan pokok,” ungkapnya.

Sementara itu kepala Pasar Pagesangan Nengah Sukandi menyambut baik adanya layanan khusus ini dan akan membuat warga semakin mudah dan nyaman berbelanja. Dengan layanan ini pedagang tidak akan semena-mena menaikkan harga seperti sebelumnya. “Sekarang semua terkontrol. Warga juga bisa langsung ke kantor khusus layanan infomasi harga sebelum belanja,” katanya.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid