Pasar Murah Digelar Enam Hari

PASAR MURAH : Suasana pasar murah yang digelar di Lapangan GOR Mataram belum lama ini (Dok/Radar Lombok)

MATARAM– Dinas Perdagangan Kota Mataram telah menetapkan jadwal pasar murah di enam kecamatan di Kota Mataram. Upaya ini sebagai langkah mengantisipasi naiknya harga Sembako.

Pelaksanaan dimulai tanggal 12 Juni mendatang. Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram L. Alwan Basri mengatakan, pasar murah yang digelar merupakan kerjasama dengan berbagai pihak terutama distributor besar, sehingga beberapa barang yang menjadi kebutuan pokok masyarakat dijual dengan harga relatif lebih murah. “ Kami hanya menyediakan tempat, distributor dan toko – toko modern kami ajak untuk berjualan, sehingga harga yang ditawarkan lebih murah,” ungkapnya kemarin.

Dari jumlah distributor di Kota Mataram ada 12 yang sudah terdaftar besar. Mereka menyesuaikan harga sesuai dengan HET Nasional, tidak ada harga yang melambung tinggi. “Lokasi pasar murah ini sangat strategis, sehingga distributor sangat diuntungkan dengan banyaknya konsumen yang membeli dagangan mereka,” tambahnya.

BACA JUGA :  Hobi Olahraga Berbuah Prestasi

Ia menilai pasar murah cukup membantu masyarakat. Bahkan beberapa kali melakukan pasar murah bersama Dinas Perdagangang Provinsi NTB, masyarakat menjadi terbantu.

Pasar murah terbuka bagi masyarakat, tidak menggunakan sistem kupon. Semuanya bisa datang langsung.

Sementara itu Kabid Perdagangan Uun Pujianto menambahkan, pasar murah menjadi agenda rutin setiap tahun. Kalangan distributor menyediakan bahan Sembako yang disesuaikan dengan harga HET nasional. ‘’ Tidak boleh ada kenaikan harga. Animo masyarakat juga cukup tinggi selama ini,’’ katanya.

Harga yang dipatok dari harga Sembako Rp 12 ribu sampai 80 ribu. Dari beberapa jenis Sembako kebutuhan menjelang idul  fitri seperti daging, beras, gula, susu, tepung dan minyak goreng.(dir)