Pasar Dasan Agung Jadi Pasar Sehat

PASAR SEHAT : Tim Diskoperindag dan BPOM melakukan pemeriksaan makanan di Pasar Dasan Agung kemarin (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Mataram terus berinovasi mewujudkan pasar tradisional yang sehat dan ramai dikunjungi. Salah satunya dengan rutin melakukan pemeriksaan bahan makanan yang dijual para pedagang. Seperti yang dilakukan di Pasar Dasan Agung kemarin.

Pasar Dasan Agung dijadikan pasar percontohan sebagai pasar sehat. Ini adalah salah satu pasar yang ramai dan tetap mengutamakan kesehatan barang yang dijual.

Di pasar ini ada sejumlah sampel bahan makanan yang diuji. Semua sampel menunjukkan negatif zat berbahaya.” Hasil pengujian negatif,” ungkap Taufiqurrahman, Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Diskoperindag Kota Mataram. 

Petugas mengambil 11 jenis makanan sebagai sampel diantaranya ikan asin, udang, terasi dan lain-lain. Pengawasan dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen. Rasa aman dan nyaman ini harus tumbuh sehingga warga senang berbelanja di pasar tradisional. “Kalau masyarakat merasa aman dan nyaman, mereka akan tetap datang,” tegasnya.

Terpisah, kepala pasar Dasan Agung Marwi mengatakan, Pasar Dasan Agung sudah dari dulu dinyatakan aman. Sebagai kepala pasar, pihaknya juga melakukan pembinaan kepada para pedagang.”Kita juga memberikan  pembinaan kepada para pedagang,” paparnya.

Pembinaan yang dilakukan berupa pemberian pelatihan. Pihaknya sebagai pengawas pasar juga  memiliki alat untuk mengecek bahan-bahan makanan yang dijual pedagang. Setiap ada jenis makanan atau minuman baru, langsung dicek. Setiap hari juga ada pembinaan. Pedagang diminta terus menjaga kebersihan pasar. “ Setiap tiga bulan sekali ada pemeriksaan dari BPOM, Diskoperindag serta Sat Pol PP,” pungkasnya.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid