Pasangan Sukiman-Rumaksi (Sukma) Gelar Deklarasi

DEKLARASI: Pasangan Sukiman – Rumaksi (Sukma) menerima surat dukungan secara resmi dari Korwil APKA, Jamaluddin, pada acara silaturrahim, sekaligus deklasarasi pasangan ini di Desa Tanak Gadang, Pringgabaya, Selasa lalu (JALAL/RADAR LOMBOK)

LOTIM—Mantan Bupati Lotim periode 2008/2013, HM Sukiman Azmi secara resmi telah menyatakan diri untuk kembali maju sebagai Bakal Calon (Balon) Bupati Lotim mendatang, berpasangan dengan H. Rumaksi (Sukma). Deklarasi pasangan Sukma ini telah dilaksanakan pada Selasa lalu ( 23/5) di Desa Temanjor, Desa Tanak Gadang, Kecamatan Pringgabaya, dalam rangkaian acara silaturrahmim dan penyerahan dukungan oleh APKA kepada pasangan Sukma.

Dihadapan puluhan anggota  Asosiasi Pelaku Usaha Komoditas Agro (APKA) Lotim, Sukiman menyatakan siap melaksanakan amanah yang diembankan masyarakat, guna memimpin Lombok Timur. “Ini merupakan langkah pertama kami, sekaligus merupakan deklarasi bagi pasangan Sukma,” kata Sukiman ketika memberikan sambutan.

Sebelumnya, meski dukungan dari berbagai lapisan masyarakat Lotim mengalir dengan deras secara spontanitas pada dirinya hanya bersifat perorangan, dan dikatakan baru pertama ini dukungan oleh lembaga yaitu APKA.

Sukiman menyebut pasangan Sukma merupakan pasangan ideal yang mewakili teritorial wilayah selatan utara, dimana dirinya dari Selatan dan Rumaksi dari wilayah utara. Sekaligus juga mewakili profesi, bahwa dirinya berlatar birokrat atau eksekutif, sekaligus mantan Bupati Lotim periode 2013/2018. Sementara Rumaksi berasal dari  legislatif yang kini masih aktif sebagai salah satu anggota DPRD NTB dari Partai Hanura. “Jika dipadukan, maka Insya Allah akan jalan, dan ini merupakan perpaduan  yang serasi dan akan saling melemgkapi,” ungkapnya.

Sukiman juga menceritakan kronologis pasangan ini yang lahir dan tercipta berdasarkan hasil istiharah yang dilakukan oleh para tuan guru, termasuk ibundanya. Karena lahir dari hasil istiharah, sehingga dia berharap pasangan ini kelak jika terpilih untuk memimpin Lotim akan mampu melaksanakan amanah dan harapan rakyat Lotim.

Sebelumnya, Sukiman menerima surat dukungan secara resmi dari anggota APKA yang diserahkan oleh Koordinator Wilayah (Korwil), Jamaludin, dan disaksikan oleh para anggota dan pengurus APKA di 20 kecamatan yang ada di Lotim, dan juga tokoh masyarakat Desa Tanak Gadang. “Secara bulat APKA siap mndukung dan memenangkan pasangan Sukma,” tegas Jamaludin.

Menurutnya, pasangan ini sudah tidak perlu diragukan lagi akan kemampuannya dalam memimpin Lotim. Karena memang telah teruji dan bukti keberhasilan paling spektakuler yang dicapai, tertutama saat kepemimpinan Sukiman di Lotim periode 2008/2013 adalah memekarkan desa/kelurahan di Lotim dari 119 desa/kelurahan menjadi 254 desa/kelurahan.

“Jadi 254 desa/kelurahan di Lotim telah mengetahui keberhasilan Pak Sukiman, dan dari hasil pantauan kami beliau mendapatkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Lotim atas berbagai keberhasilan selama kepemimpinan sebelumnya,” kata tokoh masyarakat Desa Tembeng tersebut.

Terkait dukungan APKA pada pasangan ini, dikatakan didasari atas sikap leadership yang telah ditunjukkan oleh kedua pasangan ini. Kemudian personality yang unggul, tingkat elektabilitas dan popularitas, serta moral yang tinggi. “Pasangan ini kami yakin akan mampu mengemban amanat rakyat Lotim jika kelak memimpin. Inilah yang menggugah kami, APKA untuk menyatukan suara pada pasangan ini,” ujarnya yang disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Bahkan jika diperlukan, dirinya selaku Korwil APKA siap untuk mengerahkan massa yang lebih besar, guna memenangkan pasangan ini hingga menjadi pasangan Bupati Lotim periode mendatang. (lal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid