Pariwisata NTB Butuh Komitmen Pemerintah Daerah

Pariwisata NTB Butuh Komitmen
PARIWISATA : Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Moh Faozal memberikan sambutan pada acara Forum Strategis Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di NTB, Rabu (04/9).( Faisal Haris/radarlombok.co.id)

MATARAM-Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Moh Faozal menyampaikan saat ini dibutuhkan  komitmen bersama dalam memajukan pariwisata yang berkelanjutan.

 “Terus terang bapak bupati dan rekan-rekan yang saya hormati kita sangat berkepentingan untuk membagun pariwisata yang berbasis berkelanjutan ini. Karena memang kegiatan kepariwisataan ini membutuhkan komitmen bersama,”ungkap Faozal  saat memberikan sambutan  dalam acara forum strategis pengembangan pariwisata berkelanjutan Rabu lalu (4/9). Dikatakan Faozal,  forum strategis pengembangan pariwisata berkelanjutan ini atas inisiasi  Kementerian Pariwisata untuk memfasilitasi pemerintah daerah dalam membangun pariwisata kedepan. “Ini cukup bagus kita bicara sustainable tourism. Kita berkebutuhan untuk berkelanjutan. Artinya ketika bicara bekelanjutan maka destinasi kita itu harus siap,” ungkapnya.

 Menurut Faozal, kalau berbicara tentang destinasi wisata, tentu harus disiapkan agar para pengunjung tidak hanya datang sekali saja tapi terus berikutnya tidak datang lagi. Maka konsensus seperti kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan. Disamping adanya komitmen dalam membangun pariwisata yang berkelanjutan agar para pengunjung bisa kembali datang. “Ini harus kita pikirkan bersama,”terangnya.

 Dalam kesempatan itu, juga Faozal menyampaikan terkait pengembangan desa wisata di NTB, harus mempunyai multi efek atas kemajuan destinasi wisata NTB. “Karena sebenarnya  yang kita bangun di pariwisata itu social minded. Social minded itu masyarakat kita ada di desa, kalau masyarakat desa tidak mau bangun pariwisata susah juga, karena tidak hanya di kota saja. Maka inilah salah satu visinya adalah membangun social minded di desa,”ujarnya.

 Selain itu, tentu harus dikembangkan kambali potensi-potensi wisata andalan yang sudah banyak memberikan efek atas kemajuan pariwisata di NTB. ” Kita juga perlu berbenah kembali dengan membangkitkan pariwisata andalan kita, kemudian kita kembangkan desa wisata,”sambungnya.

Forum strategis pengembangan pariwisata berkelanjutan di NTB dihadiri oleh beberapa kepala dinas di lingkup Pemprov NTB serta sejumlah kepala daerah seperti bupati Lombok Timur, wakil bupati Bima, wakil bupati kabupaten Sumbawa Barat, dan sejumlah kepala dinas dari kabupaten/kota. Disamping itu terut hadir para narasumber baik dari akademisi maupun dari Kementerian Pariwisata.(sal)