Pantai Cemare Penuh Sampah

SAMPAH : Kondisi Pantai Cemare di Dusun Cemare Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar yang penuh sampah, Sabtu (7/1) (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG-Pantai Cemare di Dusun Cemare Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar Lombok Barat penuh sampah, Sabtu (7/1). Cemare adalah salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan lokal. Tidak jauh dari pantai ini ada juga kawasan wisata hutan mangrove (bakau).

Kondisi pantai sangat kotor penuh sampah dan juga sampah pengunjung pantai. Apalagi di kawasan pantai ini tidak ada disediakan tempat pembuangan sampah. “ Sudah beberapa hari ini banyak sekali sampah,” ungkap Najwa, salah seorang pedang kuliner setempat kepada Radar Lombok.

[postingan number=3 tag=”sampah”]

Kondisi pantai yang penuh sampah inipun dikeluhkan wisatawan. Apalagi yang terlihat berkunjung ke pantai ini bukan hanya wisatawan lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara. Terlihat sejumlah bule berkunjung ke pantai ini. “Pantainya bagus, ada banyak fasilitas. Kano ada, kuliner ada. Pemandangannya juga bagus. Tapi sayang, sampahnya sangat banyak. Jadi tidak bagus kalau berfoto. Kita mungkin maklum, tapi kalau wisatawan asing kan kasihan. Jauh-jauh ke sini tapi banyak sampah,” ungkap Alviani, salah seorang wisatawan asal Mataram yang datang bersama keluarganya.

Dinas Tata Kota Pertamanan dan Kebersihan Lobar sendiri kini sudah tidak ada, karena sudah tergabung menjadi satu dengan Dinas Lingkungan Hidup. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lobar H. Lalu Surapati belum bisa dihubungi terkait kondisi sampah ini.(zul)