Panitia Mantapkan Event Lombok Marathon

JUMPA PERS: Ketua panitia Lombok Marathon, Andy Hadiyanto bersama founder Dunia Lari, Frank Malonda beserta sejumlah pihak kala jumpa pers terkait kegiatan yang akan diselenggarakan (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Persiapan menyambut event Lombok Marathon 2016 terus dimantapkan. Kegiatan yang dihajatkan sebagai rangkaian peringatan HUT NTB ke 58 ini akan dilaksanakan 4 Desember mendatang.

Ketua panitia Lombok Marathon, Andy Hadiyanto mengatakan, gelaran ini bekerjasama dengan berbagai pihak. Kegiatan yang dilaksanakan pihaknya embutuhkan dukungan penuh karena berskala internasional.

“Ini upaya kita untuk mengembangkan sport turism dan  menarik wisatawan agar berkunjung ke Bumi Gora,’’ ucapnya, Jumat (4/11).

Dalam kegiatan nanti, jelasnya, panitia bekerjasama dengan aparat kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Dikpora untuk mensuksekan kegiatan itu. “Kita akan menyuguhkan atraksi traditional khas Lombok dan musik menjelang 2 KM menuju finish sepanjang Jalan Pejanggik. Bahkan kita akan berkoordinasi dengan pihak Dikpora,’’ jelasnya.

Hingga kemarin, peserta yang sudah mendaftar di ajang ini sudah menyampai 3 ribu orang. Panitia menargetkan jumlah peserta yang ambil bagian mencapai 5 ribu orang.

Di ajang, ungkapnya, panitia menyiapkan hadiah ratusan juta. Namun yang paling diincar oleh peserta selain hadiah yakni medali.

Sementara itu, penggagas kegiatan Lombok Marathon sekaligus Founder Dunia Lari, Frank Malonda mengatakan, setelah melihat potensi wisata alam NTB, pihaknya mengajuka kepada komunitas lari agar NTB bisa menjadi tuan rumah. Ajuan yang disampaikan pihaknya langsung disepkati.

“Dunia internasional mengakui NTB tepatnya di Pulau Lombok, tentang keindahan alamnya sehingga masuk dalam kategori untuk meningkatkan sport tourism dan kami bersama-sama Komunitas Lari menggelar event bertaraf internasional,’’ paparnya.

Lebih lanjut, Frank mengatakan, rute Lombok Marathon mendapatkan sertifikasi internasional. Bahkan dianggap resmi dilombakan dari International Association of Athletics Federations (IAAF)  dan Association of International Marathons and Road Races (AIMS). Sertifikasi tersebut menunjukkan rute lomba yang akan diperlombakan telah sesuai dengan persyaratan dan standar international.

Adapun negera-negara yang sudah dipastikan akan ke Lombok untuk mengikuti kegiatan itu yakni Amerika,Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Kenya dan Thailand.

Rute yang dilombakan tersebut menawarkan keindahan garis pantai di Lombok karena garis start berada di jalan. Senggigi, area Senggigi Square yang dekat dengan pantai Senggigi.

Di tempat yang sama, Kabag Ops Polda NTB, AKBP Nyoman Supartana mengatakan, pihaknya siap mengerahkan personilnya untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Sepanjang rute yang akand ilewati dipastikan tidka lepas dari pantauan anak buahnya.

Bahkan untuk rute pihaknya akan kemabali menggelar rapat bersama anggota untuk mempersiapkan personil agar semua titik yang dianggap berbahaya menempatkan personil. ‘’Kalau keamanan peserta di sepanjang rute kita jamin,’’ jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dishubkomifo NTB, Lalu Bayu Windya, mengatakan, pihaknya akan pastikan  event Lombok Martahon 2016 berjalan sesuai dengan harapan bersama. “Kita pastikan rute yang diambil semua berhotmik, bahkan pihaknya akan terus ikut serta dala kegiatan itu,’’ tutupnya. (cr-adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid