Panitia Festival Muharram Gelar Sunatan Massal

SUNATAN MASSAL: Pelaksanaan sunatan massal yang dilakukan di Kecamatan Selong, sebagai bagian bhakti sosial dalam rangka peringatan 1 Muharram yag digelar Pemkab Lotim (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Dari sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati 1 Muharram 1348 Hijriyah. Panitia penyelenggara Pemkab Lombok Timur (Lotim) juga melakukan kegiatan bhakti sosial berupa sunatan massal. Ini dilakukan di empat kecamatan secara bertahap.

Empat kecamatan yang dipilih diantaranya Kecamatan Selong, Masbagik, Pringgabaya, dan Labuan Haji. Dari empat kecamatan itu, Kecamatan Selong dimulai Kamis (11/10), Pringgabaya (13/10), Labuan Haji (18/10) dan terakhir Masbagik (30/10).

Disetiap kecematan, peserta sunatan massal dijatah sebanyak 25 orang. Sehingga total di empat kecamatan itu menjadi 100 orang. “Hari ini (kemarin red) kita melakukan sunatan massal di Camat Selong.,” kata Kabag Humas Pemkab Lotim Ahmad Subhan kemarin (11/10).

Meski target peserta 25 orang, namun peserta Sunatan massal di Kecamatan Selong mencapai 30 orang anak. Selain itu, setiap anak juga diberikan santunan oleh Bazda setempat Rp. 250 ribu per orang. “Mereka juga dihibur dengan alat musik tradisional tongkelek,” terangnya.

Pelaksanaan kegiatan ini diperuntukkan bagi warga yang tidak mampu. Dengan ini mereka pun akan merasa terbantu. Sunatan massal dilakukan sebagai bagian dari menyebar syiar Islam sebagaimana yang telah disyariatkan dalam agama. Terlebih lagi  bertepatan dengan peringatan tahun baru Islam. “Kita sebarkan syiar Islam di setiap hari-hari besar Islam, salah satunya di 1 Muharram ini. Telebih lagi Lotim penduduknya sebagian besar Islam,” lanjut Subhan.

Sebelumnya, panitia juga turun  untuk memberikan bantuan air bersih bagi masyarakat yang mengalami kekurangan air di wilayah kecamatan Jerowaru. “Tidak hanya itu, ada juga bhakti sosial lainnya yang telah kita lakukan,” tutupnya. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid