Pangdam Udayana Apresiasi Sinergitas TNI-Polri di NTB

APEL KEHORMATAN: Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, didampingi Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K., M.H, ketika menghadiri apel kehormatan di Mapolda NTB, Rabu (20/1/2021). (dery harjan/radarlombok.co.id)

MATARAM—Kunjungan Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, ke Markas Komando Kepolisian Daerah (Mako Polda) NTB, Rabu (20/1/2021), disambut meriah oleh seluruh jajaran Polda NTB. Mulai dari pintu masuk Mako Polda, Pangdam disambut Jajar Kehormatan yang disertai dengan tarian Gendang Beleq, sehingga menambah suasana menjadi kian meriah.

Disela kunjungan kerja, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, juga berkesempatan mengikuti apel kehormatan di Mapolda NTB. Dimana pada kesempatan itu Pangdam didampingi Kapolda NTB, Danrem 162/WB, Danlanud Rembiga, dan Danlanal Mataram.

Apel kehormatan yang berlangsung di Lapangan Promoter Polda NTB itu juga dihadiri Waka Polda NTB, Irwasda Polda NTB, PJU Polda NTB, PJU Kodam IX/Udayana dan Korem 162/WB, Para Pamen, Pama, Bintara dan para ASN dalam lingkungan Polda NTB. Kegiatan itu sekaligus sebagai implementasi soliditas dan sinergitas TNI-POLRI.

Kemudian juga dari laporan yang diterimanya, bahwa TNI-Polri di NTB ini selalu berjalan bersama dalam menyelesaikan setiap permasalahan di NTB. Hal itu dikuatkan juga dengan beberapa penghargaan yang diterima TNI-Polri di NTB dari pusat.

“Saya merasakan eratnya hubungan kerjasama TNI-Polri di NTB ini. Terbukti disini (NTB) sudah beberapa kali mendapatkan Forkopimda Awards, baik dari Menhan maupun Kementerian Dalam Negeri sebagai Forkopimda yang harmoni. Saya juga bisa merasakan dari awal. Kemudian dari pemberitaan juga terlihat bahwa segala permasalahan dapat diselesaikan dengan baik,” ujar jenderal bintang dua tersebut.

Menurutnya, jika institusi TNI dan Polri bisa bersatu dengan baik, maka tidak akan pernah ada yang bisa mengganggu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terlebih jika setiap individu, mulai dari unsur pimpinan sampai prajurit terbawah, memiliki peran yang  sangat besar dan sangat berpengaruh terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita punya seragam, kita punya kebanggaan, kita punya tugas, kita punya kewajiban, dan itu semua sangat berarti buat negara kita tercinta ini,” tegas mantan Komandan Paspampres ini.

Pangdam IX/Udayana juga merasa bangga dan mengucapkan terimakasih kepada Kapolda NTB dan jajaran, yang telah menyambutnya dengan penuh semangat. “Terimakasih atas sambutannya yang luar biasa ini. Saya bangga bisa berdiri disini. Semoga ke depan kepemimpinan Danrem 162/WB dan Kapolda NTB bisa terus bekerjasama dengan baik,” ucap Maruli.

Selain itu, Pangdam juga merasa bangga, karena ada dua Instansi yang sangat berperan dalam segala bidang di Indonesia. “Saya sangat bangga karena ada dua institusi yang sangat berperan di negara ini, yaitu TNI dan Polri,” ujarnya.

Maruli berharap peran tersebut dapat terus berlanjut dan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Demikian Pangdam juga membeberkan, bahwa kalau TNI dan Polri bersatu, maka tidak ada yang akan berani mengganggu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Peran ini harus berlanjut dan ditingkatkan. Kalau dua institusi ini bersatu dengan baik, maka tidak akan pernah ada yang bisa menganggu Negara Kesatuan RI. Dan mudah-mudahan ke depan peran kita bisa terus meningkat untuk NKRI,” tegasnya.

Kedatangan Pangdam XI/Udayana pada apel kehormatan tersebut, juga membuat Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K., M.H, merasa bahagia. Dimana menurutnya, semua amanat yang disampaikan Pangdam IX/Udayana dinilainya sangat strategis untuk anggota Kepolisian di NTB.

“Polda NTB sangat bangga luar biasa atas berkenannya Pangdam IX/Udayana hadir pada apel pagi ini. Semua amanatnya sangat strategis untuk kinerja anggota kepolisian di NTB,” ungkap orang nomor satu di Polda NTB ini, usai menggelar apel kehormatan.

Dijelaskan Kapolda, selain dirinya, bahwa “Pangdam IX/Udayana” juga merupakan pimpinan seluruh Polri di NTB. Karena seperti diketahui, bahwa TNI-Polri adalah satu tarikan nafas untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena itu, amanat yang disampaikan Pangdam IX/Udayana akan dilaksanakan dengan baik oleh Kapolda NTB bersama jajarannya. Karena itu dinilai sangat strategis untuk anggota Polri di NTB. “Kami akan melaksanakan semua arah Pangdam tadi,” jelasnya.

Di akhir kegiatan, Kapolda NTB memberikan cindera mata kepada Pangdam IX/Udayana, sebagai kenang-kenangan atas kunjungannya ke Polda NTB. (der)