PAN Lirik Duet Sukiman-Rumaksi

PAN

MATARAM—Ada wacana menduetkan bakal calon bupati, Sukiman Azmy dan anggota DPRD Provinsi NTB dapil Lotim, Rumaksi, terus menunai respon positif dari kalangan parpol.

Ketua DPW PAN NTB, Muazzim Akbar mengakui, bahwa aspirasi dari kader, pengurus dan simpatisan PAN di Lombok Timur cukup kuat kepada mantan bupati Lotim, Sukiman Azmy, sebagai bakal calon bupati dan Rumaksi sebagai bakal calon wakil bupati untuk disandingkan di Pilkada Lombok Timur. “Aspirasi dukungan duet Sukiman-Rumaksi sudah ada di internal,” katanya, kepada Radar Lombok, Rabu kemarin (15/3).

Walaupun demikian, PAN tetap akan mengacu dan berpatokan terhadap mekanisme dan aturan internal dalam penjaringan bakal calon kepala daerah. Baik bakal calon gubernur/bakal calon wakil gubernur, bakal calon bupati/bakal calon wakil bupati dan bakal calon walikota/bakal calon wakil wali kota.

[postingan number=3 tag=”politik”]

Katanya, siapapun bakal calon kepala daerah yang berhasrat dan berikhtiar menggunakan PAN sebagai kendaraan maju di Pilkada Lotim, maka harus mendaftarkan diri dan mengikuti semua mekanisme dan tahapan penjaringan. Ia memastikan, semua kandidat mendaftar akan diperlukan secara sama dan tidak ada dianakemaskan.

Dalam proses penjaringan bakal calon kepala daerah, pihaknya akan memperhatikan dan mencermati tingkat elektibilitas atau daya keterpilihan, dukungan parpol, potensi maupun kans kemenangan bagi kandidat tersebut. Bakal calon terjaring di DPC kabupaten kota akan diteruskan ke DPW.  

Dalam pleno di DPW akan diputuskan dua pasangan calon untuk diusulkan dan direkomendasikan ke tingkat DPP. Calon kepala daerah diusulkan ke DPP sudah dalam bentuk pasangan calon.

“Tentu kita utamakan memiliki elektibilitas tinggi dan punya potensi maupun kans menang, serta punya komitmen tinggi membangun PAN,” imbuhnya.

Nantinya, kata Muazzim, dari dua pasangan calon diusulkan dan direkomendasikan akan diputuskan hanya satu pasangan calon untuk didukung dan diusung PAN. Pihaknya pun sangat perlu membangun dan menjajaki koalisi dengan parpol lainnya. Pihaknya sadar tidak memiliki raihan kursi cukup mengusung pasangan calon. Sehingga diperlukan parpol mitra koalisi.

Karena itu, selain melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah pihaknya pun terus membangun dan menjajaki koalisi. “Siapapun nanti disetujui DPP disadari pada pertimbangan dan usulan dari daerah,” ujarnya.

Sebelumnya aspirasi dan dukungan bagi duet tersebut datang dari Partai Hanura. Ketua DPD Partai Hanura NTB, Mudahan Hazdie mengakui, sudah ada aspirasi dan dukungan dari internal Partai Hanura di Lombok Timur (Lotim) untuk menduetkan mantan Bupati Lotim, Sukiman Azmy dengan anggota DPRD Provinsi NTB dapil Lotim dari Partai Hanura, Rumaksi sebagai pasangan.

Namun, pembahasan formal atau resmi di internal Partai Hanura sama sekali belum dilaksanakan. Dikarenakan, Partai Hanura belum melakukan penjaringan atau pendaftaran bakal calon kepala daerah. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid