Paket Sandang Pangan, Pemkab Gelontorkan Rp 22,7 M

Qudratullah (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) kembali menggelontorkan anggaran   Rp 22, 7 miliar lebih untuk pengadaan paket sandang pangan bagi 80 ribu warga miskin di Lotim. Anggaran proyek sepenuhnya bersumber dari dana APBD.

Bantuan ini nantinya akan dibagikan beberapa hari sebelum lebaran. Program ini sendiri merupakan program tahunan yang  menjadi prioritas Bupati Ali BD. Sebelumnya, proyek ini bernama paket parsel lebaran.

Dalam perjalananya, pengadaan proyek ini beberapa kali bermasalah. Tahun sebelumnya, pengadaan paket yang seharusnya dibagikan  sebelum lebaran, namun gagal lantaran   ketidak sanggupan pihak ketiga untuk mendatangkan berbagai jenis item pengadaan bantuan. Bantuan ini pun akhir molor, sehingga bisa direalisasikan  jelang akhir tahun. “Kalau dulu program ini ada di Kesra. Sekarang ada di Dinas Sosial (Dissos),” ungkap Sekdis Dissos Lotim, Qudratullah  Fauzi, Selasa kemarin (23/5).

Proyek ini sendiri katanya, sejauh ini sudah tuntas dilakukan proses tender. Meski tidak disebutkan nama perusahaan yang memenangkan tender proyek tersebut. Namun Fauzi menyebut pihak ketiga yang memenangkan tender ini berasal dari Pekalongan. “Kalau urusan teknis terkait siapa nama pemenangnya, yang lebih mengetahui ULP. Karena mereka yang memproses,” jawab Qudratullah.

Dari 80 ribu warga miskin yang akan menerima bantuan ini, mereka nantinya akan diberikan beberapa jenis bantuan. Diantaranya beras, gula, dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya. Selain bantuan itu, nantinya ada juga bantuan lain yaitu pengadaan sarung. “Ada dua jenis pengadaaan, yaitu pengadaan bantuan sandang pangan dan pengadaan sarung,” ungkapnya.

Dari 80 ribu warga miskin yang akan menerima bantuan ini, mereka akan melakukan verifikasi data ulang yang dilakukan oleh pihak kecamatan. Verifikasi ini karena data penerima tahun sebelumnya ada yang mengalami perubahan, misalnya meninggal dan lainnya. “Untuk penerima bantuan,  tetap akan menggunakan datan yang dulu. Namun kita akan melakukan verifikasi ditingkatkan kecamatan karena ada perubahan,” terangnya.

Mereka mengupayakan beberapa hari sebelum Idul Fitri bantuan ini sudah  tuntas dibagikan ke penerima manfaat. Sementara untuk pengadaan sendiri dikatakan sudah tuntas. Sehingga memasuki bulan puasa, sejumlah item bantuan itu sudah siap dan tinggal dikemas.

Untuk memperlancar proses pendistribusian, bantuan ini tidak disalurkan melalui kabupaten seperti tahun sebelumnya. Melainkan mereka sudah menyiapkan empat titik sebagai lokasi untuk penampungan bantuan tersebut. Diantaranya Kecamatan Selong, Aikmel, dan Sikur. Dari tempat ini nantinya bantuan itu akan didistribusikan ke masing-masing kecamatan lainnya dari 20 kecamatan yang ada di Lotim.

“Proses pendistribusian akan kita bagi menjadi empat titik. Makanya kita sangat berharap dari penyedia barang, supaya sebelum lebaran bantuan ini sudah selesai,” pungkas Qudratullah. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid