Paket Amal jadi Pasangan Calon Independen Pertama

Paket Amal jadi Calon Independen Pertama

MATARAM – Bakal calon gubernur (bacagub)  dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Ahmad Rusni – Jamaluddin Malik atau disingkat paket Amal memastikan diri menjadi calon kepala daerah pertama melalui jalur independen di pilkada NTB yang sudah resmi  berpasangan.

Sebelumnya dua pasangan bacagub dan bacawagub melalui jalur partai politik (parpol) sudah mendeklarasikan diri yakni pasangan Ahyar Abduh – Mori  Hanafi (Aman) dan Suhaili  FT –  Muhammad Amin (Muslimin).  Jamaluddin Malik membenarkan bahwa dirinya sudah memutuskan berpasangan dengan Ahmad Rusni maju di pilkada NTB melalui jalur independen. ” Saya menjadi cawagub pendamping pak Ahmad Rusni,” kata mantan Bupati Sumbawa dua periode itu kepada Radar Lombok melalui saluran telepon, Rabu kemarin (11/10).

Ia memastikan paket Amal sedang mempersiapkan dan menkonsolidasikan berbagai hal yang diperlukan bagi deklarasi pencalonan Ahmad Rusni – Jamaluddin Malik melalui jalur independen.

Ditargetkan dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menggelar deklarasi pencalonan.Ia mengatakan, pihaknya masih menerima berbagai masukan dan saran dari tim sukses dan pendukung terkait lokasi deklarasi,apakah di pulau Lombok atau di pulau Sumbawa. ” Ini sedang kita bahas dengan tim,” ujarnya.

Keputusan JM – panggilan akrab – Jamaluddin Malik maju bertarung di pilkada NTB, karena ada dukungan  dari keluarga dan  pendukungnya. Ia mengaku cukup realistis dengan pilihan menjadi orang nomor dua. Karena perhitungan politik dengan melihat karakter dan jumlah pemilih di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Menjadi bacawagub sebenarnya sangat mulia. JM mengibaratkan batu yang berada di puncak gunung, bisa berdiri dan bertahan kokoh karena ada  yang menopangnya.

Disinggung keputusan dirinya berpasangan dengan Ahmad Rusni, ia mengaku, cukup tertarik dengan misi visi dan program yang diusungnya.  Yakni sistem ekonomi keummatan berbasis kerakyatan syariah dan sosial. Sistem ekonomi ini diyakini menjawab dan menjadi solusi persoalan ekonomi umat dewasa ini.

Dia menilai Ahmad Rusni adalah sosok visioner, punya kapasitas dan kapabilitas. Terbukti dengan kesuksesan Ahmad Rusni sebagai pengusaha.

Paket Amal pun sudah memiliki perjanjian di antara keduanya. Andai mereja ditakdirkan menakhodai NTB, maka dirinya selaku bacawagub akan diberikan kewenangan lebih besar dalam melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan.

” Ini membuat saya bersedia mendampingi Pak Rusni,” terang politisi Partai Hanura tersebut.

Paket Amal akan maju melalui jalur independen.

Ia pun memastikan  persyaratan  sudah terpenuhi dan sekarang dalam tahap konsultasi dengan KPU agar saat verifikasi nanti tidak menemui masalah. “Syarat mengumpulkan KTP untuk memenuhi calon independen adalah 335 ribu KTP, tapi kami sudah menyiapkan dua kali lipat dari dukungan tersebut,”akunya.

Sementara itu, Bacagub Ahmad Rusni memastikan sudah memilih mantan Bupati Sumbawa, Jamaluddin Malik sebagai bacawagub pendamping di pilkada NTB. ” Insya Allah, saya berpasangan dengan Pak Jamaluddin Malik” katanya.

Keputusan dirinya menggandeng Jamaluddin Malik karena sudah ada kesepahamaan visi misi dan perspektif dalam memandang arah pembangunan NTB kedepan. Paket Amal pun merupakan gabungan representasi  dua pulau besar di NTB yakni dirinya merepresentasikan pulau Lombok dan Jamaluddin Malik representasi pulau Sumbawa. ” Ini sudah paket ideal,” pungkasnya.(yan)