Pacman Akhirnya Pilih Khan

Manny Pacquiao

MANILA – Petinju Filipina Manny Pacquiao kembali mendapatkan kepastian naik ring. Sempat berdebat sengit dengan promotornya sendiri,  Pacquiao akhirnya telah mendapat lawan pertama yang akan dia hadapi di 2017. Pilihan jatuh kepada petinju Inggris Amir Khan.

Kabar tersebut kali pertama tersebar setelah Pacman-julukan Pacquiao dan Khan bercuit di Twitter, Minggu (26/2). “Negosiasi antara tim Pacquiao dan Khan telah mendapat kesepakatan. Tanggal 23 April. Inilah yang diinginkan fans,” cuit Pacquiao dilansir ESPN.

Nyaris bersamaan, Khan memberi kabar serupa. “Saya dan tim telah sepakat dengan Manny Pacquiao dan timnya untuk mengadakan sebuah super fight," cuit Khan juga sebagaimana dilansir ESPN.

Pacman saat ini telah menginjak 38 tahun. Di laga ini dia akan menjalani laga ke-68 sepanjang karir. Rekor petinju yang juga anggota senat Filipina tersebut adalah 59 menang (38 KO), 6 kali kalah, dan 2 kali seri.

[postingan number=3 tag=”olahraga”]

Pada duel kontra Khan tersebut, Pacquiao akan mencoba mempertahankan sabuk juara dunia kelas welter WBO miliknya. Sabuk itu dia rebut dari Jessie Vargas pada 5 November lalu.

Uniknya, baik Pacman atau Khan sama-sma sering ditangani pelatih legendaris Freddie Roach. Bahkan, pada masing-masing pertarungan terakhir mereka, Roach masih berada di sisi ring. Nah,  dalam pertarungan April mendatang, Roach belum menyebutkan akan menangani siapa.

Sebelumnya, sempat muncul polemik mengenai lawan Pacman selanjutnya pasca duel kontra Vargas. Bob Arum, promotor Pacman menghendaki petinjunya tersebut  bertarung melawan petinju Australia, Jeff Horn. Namun, keinginan Arum tersebut ternyata bertepuk sebelah tangan.

Pacman tidak berkenan. Dia bahkan sempat mencibir dengan mengatakan tidak pernah mendengar nama Horn sekalipun sepanjang karirnya dalam dunia tinju. “Siapa Jeff?” ucap Pacman. “Saya bahkan tidak pernah tahu wajahnya,” tambah petinju satu-satunya yang pernah menjadi juara di delapan kelas berbeda tersebut. 

Bagi Khan, ini adalah duel yang dia tunggu-tunggu. Petinju Inggris berdarah Pakistan tersebut sempat mengajukan tantangan terhadap Pacman beberapa tahun terakhir. Namun, baru kali ini mendapat tanggapan.

Kali terakhir Khan naik ring adalah pada Mei tahun lalu. Saat itu dia mencoba peruntungan dengan bertarung di kelas menengah kontra Canelo alvarez. Namun, akhirnya petinju 30 tahun tersebut kalah KO dalam enam ronde.

Laga kontra Pacman ini akan menjadi duel ke-36 bagi Khan. Sejauh ini dia punya rekor 31 menang (19 KO) dan 4 kali kalah. Venue pertarungan sampai saat ini belum ditentukan. (irr/ady)

BACA JUGA :  Suaka Ingatkan Parpol Pilih Calon Berkualitas