Oven Berisi 5 Ton Tembakau Terbakar di Lombok Tengah

Petugas berupaya memadamkan api di bangunan oven milik Amaq Suryandi warga Dusun Batu Rintang I, Desa Persiapan Jeropuri, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah terbakar Minggu (15/8/2021) malam. (IST/RADAR LOMBOK).

PRAYA–Bangunan oven tembakau milik Amaq Suryandi warga Dusun Batu Rintang I, Desa Persiapan Jeropuri, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah terbakar Minggu (15/8/2021) malam sekitar pukul 23.30 WITA.

Kronologis kejadian, korban sedang berada di sekitar bangunan oven tembakau untuk menunggu proses pengovenan. Beberapa saat kumudian korban mendengar suara teriakan beberapa warga sekitar yang melihat kepulan asap keluar dari dalam dan melihat api sudah mulai membakar tembakau milik korban.

“Selanjutnya korban dan masyarakat sekitar yang mengetahui kejadian tersebut segera berusaha untuk memadamkan api,” ungkap Kapolsek Praya Timur IPTI Sayum, Senin (16/8/2021).

BACA JUGA :  Diduga Hanya Gegara Kerbau Makan Rumput, Amaq Mualim Tewas Dibunuh

Pada saat yang bersamaan Anggota SPKT III yang sedang melaksanakan patroli mendapatkan informasi dari masyarakat terkait kejadian tersebut selanjutnya langsung menuju TKP dan menghubungi pihak PMK Kabupaten Loteng.

“Sekitar pukul 00.25 wita 1 unit mobil Pemadam Kebakaran BPBD Lombok Tengah tiba di TKP dan langsung melakukan pemadaman. Sekitar pukul 01.25 WITA api sudah dapat dipadamkan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Mau ke Lombok Utara, Grup Kecimol Asal Lombok Tengah Dicegat Polisi

Adapun penyebab kebakaran diperkirakan karena adanya daun tembakau yang jatuh ke tungku dan selanjutnya api dengan cepat menyambar dan membakar tembakau yang dalam keadaan setengah kering itu.

“Isi dari oven tembakau yang terbakar tersebut sebanyak 5 ton dan kegiatan pengovenan sudah berlangsung selama 3 hari,” sebutnya.

Akibat kejadian kebakaran oven tembakau tersebut korban mengalami kerugian diperkirakan sekitar Rp 50 juta.

“Atas kejadian tersebut tidak terdapat korban luka-luka maupun korban jiwa,” pungkasnya. (met)