OSN Wadah Memupuk Semangat Berkompetensi

Sekda H Suardi membukan acara (pegang mik) didampingi Kepala Dikpora Suhrawardi, Sekdis Muh Najib dan Kabid Pembinaan Dikdas Suryadi

TANJUNG – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Lombok Utara menggelar lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-kabupaten Lombok Utara yang dipusatkan di SDN 3 Genggelang Kecamatan Gangga, Sabtu lalu (18/3).

Jumlah peserta yang mengikuti OSN ini sebanyak 40 peserta dengan dua mata lomba yakni Matematika dan IPA. Melalui pelaksanaan kegiatan tahunan ini diharapkan mampu memupuk semangat para siswa untuk berkompetensi.  “Lomba ini sebagai wadah kepada siswa untuk menyalurkan bakat dan minat serta menjadi ajang memberikan semangat dalam berkompetensi dengan sebaik-baiknya,” terang Kepala Dinas  Dikpora Lombok Utara Drs Suhrawardi pada saat membuka kegiatan ini.

Selain itu, juga sarana untuk mencari siswa berprestasi yang nanti dapat mewakili  Lombok Utara pada  OSN ke tingkat provinsi. Jika nanti dalam lomba OSN tingkat kabupaten siswa yang menjadi  juara, secara otomatis akan diberikan pembinaan itensif untuk mewakili Kabupaten Lombok Utara ke tingkat Provinsi NTB. “Kegiatan ini berlangsung sehari dan langsung diumumkan pemenangnya,” jelasnya.

[postingan number=3 tag=”klu”]

Peserta yang mengikuti OSN ini merupakan perwakilan sekolah di masing-masing kecamatan setelah dilaksanakan seleksi oleh UPTD di tingkat kecamatan. Dari hasil seleksi itu, masing-masing kecamatan mengutus 4 siswa untuk peserta bidang Matematika dan 4 siswa bidang IPA yang mendapatkan juara ke tingkat kabupaten. “Jadi, masing-masing kecamatan mengutus 8 peserta. Dari lima kecamatan itu berjumlah 40 peserta, 20 peserta bidang Matematika dan 20 peserta pada bidang IPA. Ini menggunakan ruangan yang telah disiapkan,” paparnya.

Peserta diberikan tenggat waktu menjawab soal selama 90 menit. Setelah itu langsung diserahkan ke panitia untuk dikoreksi. Dari hasil pemeriksaan, panitia pelaksana OSN tingkat SD telah menetapkan pemenangnya. Dirincikan, peserta lomba Matematika yang berhasil meraih juara satu Fihriz Intan dari SDN 2 Tanjung Kecamatan Tanjung, juara dua  diraih Iqbal Rozi Hartono dari SDN 1 Senaru Kecamatan Bayan, juara tiga diraih Dewa Kade Prajyumdep dari SDN 8 Sokong Kecamatan Tanjung, juara empat diraih Irlan Hadi dari SDN 1 Anyar, juara lima diraih Tania Azici P  dari SDN 2 Pemenang Barat Kecamatan Pemenang.

Sedangkan, bidang IPA terdiri dari juara satu diraih Amelia Safitri dari SDN 3 Pemenang Barat Kecamatan Pemenang, juara dua diraih Hafiz Addailany SDN 2 Tanjung Kecamatan Tanjung, juara tiga diraih Laras Malwa dari SDN 2 Kayangan Kecamatan Kayangan, juara empat diraih Gita Swardana dari SDN 1 Akar-Akar, juara lima diraih Eda Ragusta SDN 2 Santong. “Bagi pemenang 1,2,3 diberikan tropi plus piagam penghargaan. Pengharagaan juga diberikn kepada semua peserta sebagai bentuk apreasi dan motivasi,” tandasnya.

Dinas  Dikpora juga telah melaksanakan lomba OSN tingkat SMP yang berlangsung di SMPN 1 Gangga Kecamatan Gangga, Sabtu lalu (11/3). Di tingkat SMP mata pelajaran yang dilombakan terdiri dari Matematika, IPA dan IPS. “Jumlah peserta 75 terdiri dari Matematika 24 peserta, IPA 25 peserta, dan IPS 26 peserta. Kami akan segera mengumumkan pemenangnya,” tambahnya.

Kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah Lombok Utara H Suardi. Ia berharap pada lomba OSN ini sebagai memupuk mental para generasi untuk berkompetensi dengan cara yang sehat dan obyektif. Persaingan harus bisa dididik sejak dini, jika tidak akan bisa kalah dalam persaingan. Apalagi  pasar bebas telah masuk ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk Lombok Utara yang memiliki potensi wisata. “Lomba ini harus bisa menghasilkan para generasi yang mampu bersaing dengan cara yang baik dan tidak boleh berbohong,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini pula, ia mengingatkan kembali terhadap gerakan kembali ke khittah pendidikan supaya semua sekolah melaksanakan sesuai buku panduan yang telah diberikan tersebut. “Jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh gerakan ini, maka kami yakin akan melahirkan generasi yang beriman dan bertakwa,” tutupnya.(flo)