Orang Tua Diimbau Awasi Pergaulan Anak

MATARAM—Maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur (pedofilia) akhir-akhir ini menuntut perhatian orang tua.

Para orang tua diminta untuk tetap meningkatkan pengawasan terhadap sang buah hati. Hal ini dilakukan karena dipercayai bisa membuat anak   terhindar dari korban pelaku kekerasan seksual. ‘’ Peran orang tua untuk mengawasi sang anak itu sangat penting. Minimal mengetahui anaknya itu bergaul dengan siapa,’’ ujar Kasubdit IV Ditreskrimum Polda NTB AKBP I Putu Bagiartana  kemarin.

Upaya tersebut juga disebutnya sebagai salah satu langkah dalam mengantisipasi terjadinya kasus serupa yang memang banyak terjadi belakangan ini. Jika para orang tua tidak mengawasi pergaulan anak-anaknya, maka dikhawatirkan bisa menjadi korban. Orang tua bersama dengan stekeholder dan tokoh agama (Toma) maupun tokoh masyarakat (Toma) diharapkan benar-benar terlibat dalam melakukan pengawasan. Masyarakat juga diminta harus cerdas memilih perkembangan wisata. ‘’ Hal ini agar jangan posisi rentan anak-anak ini digunakan sebagai peluang oleh pelaku. orang tua juga jangan memberikan peluang dengan meningkatkan pengawasan terhadap anak-anaknya,’’ katanya.

Ia mencontohkan, dari kasus terungkapnya dua orang pelaku yaitu STR yang merupakan warga negara Inggris dan BR membuktikan bahwa, modus yang dgunakan oleh pelaku adalah dengan membuat anak-anak dibawah umur ini dibuat senyaman mungkin dengan diberikan hadiah maupun sejumlah uang. Hingga akhirnya di tak segan-segan untuk dieksploitasi oleh pelaku. ‘’ Oleh karena itu jika ini tidak diawasi dikhawatirkan akan membuat lebih banyakkorban dari anak dibawah umur,’’ sebutnya.

Adapun yang paling dikhawatirkan menurut dia adalah tidak menutup kemungkinan nantinya anak-anak dibawah umur yang menjadi korban ini dapat juga menjadi pelaku dikemudian hari. Hal ini dimungkinkan karena trauma yang dirasakan akan membuat psikologis sang anak menjadi terganggu. Untuk itu, anak dibawah umur ini disebutnya perlu untuk mendapatkan perawatan psikologis untuk menghilangkan trauma tersebut.‘’ Dari beberapa pelaku yang ditangkap kan ada beberapa karena di masa kecilnya juga menjadi korban,’’ ungkapnya.(gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid