Orang Gila Asal Lobar Berkeliaran di KLU

Orang Gila Asal Lobar Berkeliaran di KLU
Ilustrasi

TANJUNG – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PP dan PA) Lombok Utara menemukan tiga orang gila atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berasal dari Kabupaten Lombok Barat berkeliaran ke wilayah Kabupaten Lombok Utara. Hal ini mengganggu ketertiban dan kenyaman masyarakat Lombok Utara. “Kita menemukan tiga ODGJ yang berasal dari Lobar ditemukan berkeliaran ke wilayah KLU. Itu yang kita temukan di pasuk,” ungkap Kepala Dinsos PP dan PA Lombok Utara Hadari, Kamis (7/9).

Setelah ditemukan itu, pihaknya langsung mengembalikan ke asal daerah mereka tersebut. Karena menurutnya, tiga ODGJ ini dibiarkan berkeliaran, selama ini terlalu sering berkeliaran di Lombok Utara. “Kelihatan orang-orang ini melarikan diri dan jalan sendiri,” tandasnya.

Sementara data ODGJ yang berasal dari Lombok Utara sendiri tidak mencapai ratusan orang. Diakui, saat ini pihaknya baru bisa mengurusi anak dan bayi terlantar serta bantuan proses kekerasan anak. “Ini nanti kita masukan dalam Raperda termasuk juga disabilitas dan lansia,” katanya.