Operasi Zebra, 1.300 Kendaraan Kena Tilang

OPERASI ZEBRA : Truk pengangkut grup kecimol ditilang karena muatan melebihi kapasitas saat Operazi Zebra kemarin (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG-Hingga hari ke-11 Operasi Zebra, Minggu (27/11), Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Barat menilang hampir 1.300 pengendara karena tidak mematuhi ketentuan berkendara mulai dari tidak melengkapi kendaraan dengan STNK dan SIM, tidak memakai helm, sabuk pengaman, kendaraan tak punya spion dan lain-lain. “ Hampir 1.300. Ini hari ke 11, besok terakhir hari Rabu (30/11),” ungkap KBO Satlantas Polres Lobar Ipda M. Sofyan kemarin.

Diterangkan Sofyan, dari total pengendara yang ditindak, banyak diantaranya yang ditahan kendaraannya dikarenakan tidak membawa STNK, atau membawa STNK tetapi hanya sekadar fotokopian, khususnya kendaraan roda empat. “Banyak pengendara roda empat yang kita tahan kendarannya itu karena hanya membawa fotokopian STNK. Jadi harus STNK asli yang dibawa,” terangnya.

Kemudian bagi yang ditilang atau ditahan kendaraannya, dijadwalkan sidang dua minggu kemudian. Pihak Satlantas Polres Lobar sendiri lanjut Sofyan, juga melakukan sidang di tempat kepada para pengendara. Akan tetapi itu hanya sekali dilakukan saat operasi zebra di dekat Jembatan Rumak Kediri, Kamis (24/11), bekerja sama dengan kejaksaan dan pengadilan.

Untuk sidang di tempat hanya sekali itu saja dilakukan. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada perubahan lagi untuk melakukan sidang di tempat selanjutnya.(zul)