Oney Raih Juara Dua di Ajang Surfing Internasional

ATLET; Inilah peselancar andalan NTB, Oney saat menaklukkan ombak di salah satu ajang internasional. (IST/ RADAR LOMBOK)

MATARAM – Salah satu Peselancar asal NTB Hairil Anwar alias Oney kembali catatkan namanya di ajang Surfing internasional. Oney berhasil meraih juara kedua pada Siargao International Surfing Cup yang dilaksanakan di Filipina.

“Alhamdulillah dia dapat juara dua di event internasional. Dia mewakili Indonesia,” ujar Ketua Pengprov PSOI NTB Chandra Aprinova, Senin (23/10).

Dikatakannya, di babak semifinal Oney berhasil mengalahkan peselancar tuan rumah, Robert Magaluna. Oney mengumpulkan total 16.05 poin. Pada ombak pertama, Oney meraih 8.50 poin sementara di ombak kedua meraih 7.55 poin. Sedangkan Magaluna mengumpulkan poin 7.25 dan 6.35. Sehingga mengoleksi 13.60 poin secara keseluruhan.

Baca Juga :  PS Mataram Kunci Grup A, Perslobar Pesta Gol

Perjuangan Oney meraih medali emas kandas di babak final. Oney kalah dari John Mark Tokong asal Filipina. Oney mengumpulkan poin keseluruhan 14.15 poin. Sedangkan Tokong menghasilkan 15.80 poin.

”Event ini juga jadi kualifikasi WSL (World Surf League). Poin yang didapat masuk dalam penghitungan poin total,” katanya.

Lebih lanjut, Chandra menjelaskan, saat ini Oney berselancar mewakili tim profesional. Sehingga perkembangannya terus meningkat. Meskipun kerap turun di event internasional, Oney tetap menjadi andalan NTB di PON Aceh-Sumatera Utara 2024 nanti.

Baca Juga :  Perslotim dan Lombok FC Pimpin Puncak Klasemen

Selain Oney, PSOI NTB juga sedang menyiapkan atlet-atlet junior. Sejumlah daerah di NTB memiliki potensi atlet selancar yang bagus. Seperti di Dompu, Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lombok Utara. Bibit-bibit bermunculan di daerah tersebut karena memiliki pantai yang kerap digunakan sebagai event kejuaraan.

“Semakin banyak kejuaraan dilaksanakan potensi atlet akan muncul. Ini yang sering dilakukan klub-klub di kabupaten/kota,” tandasnya. (rie)

Komentar Anda