Oktober, Konversi LPG 3 Kg Dimulai untuk Pulau Sumbawa

Sementara itu, Sekretaris Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB, Zainal Abidin mengatakan, bahwa program ini akan terealisasi setelah tender yang dilakukan selesai dan proses verifikasi ulang data penerima tabung gas LPG 3 kg.

“Tahap pertama sekitar 70 ribuan tabung gas LPG 3 kg yang akan dibagikan kepada warga penerima, “ kata Zainal Abidin.

Dikatakannya, sebelum pembagian tabung gas LPG 3 kg dilakukan, terlebih dahulu dilakukan verifikasi data jumlah penerima secara  by name by addres. Hal tersebut dilakukan sebelum paket tabung gas LPG 3 kg dibagikan, karena kemungkinan datanya tersebut tidak tepat sasaran yang menerimanya. Jika terdapat calon penerima yang sudah menggunakan tabung gas LPG12  kg, maka secara otomatis mereka akan dihapus dari daftar penerima.

BACA JUGA: Dampak Gempa, Nelayan Merugi Rp26,5 Miliar

Menurut Zainal, program konversi tabung gas LPG 3 kg di Pulau Sumbawa sudah lama ditunggu sejak 2011. Program konversi LPG 3 kg  di NTB dimulai pada 2011 lalu, khusus untuk Pulau Lombok. Sementara itu, konversi LPG 3 kg  di Pulau Sumbawa sering tertunda, semula direncanakan pada 2017 lalu, namun saat ini tahapannya telah selesai. Untuk harga jualnya pun berbeda dengan di Lombok.

“Harga eceran tertinggi (HET) isi ulan gas tabung LPG 3 kg belum ditentukan Pertamina. Yang jelas harga jual di Lombok berbeda denga di Sumbawa,” pungkasnya.   (cr-dev)

BACA JUGA :  Harga Jual Rumput Laut di NTB Rendah