Oktober, HSM Sajikan Menu Utama Ares

ARES LOMBOK: Kenalkan kuliner tradisional Pulau Lombok, selama bulan Oktober, Hotel Santika Mataram (HSM) menyajikan menu Ares, salah satu masakan lokal Lombok yang dikombinasikan dengan Iga Sapi.

MATARAM—Hotel Santika Mataram (HSM) kembali menghadirkan menu tradisional khas Lombok sebagai hidangan santap siang bagi tamu hotel dan juga masyarakat umum. Menu Ares ala HSM ini sebagai menu terbaru di bulan Oktober, sebagai langkah nyata manajemen hotel melestarikan makanan lokal Lombok.

“Kami di Hotel Santika Mataram ingin mengangkat menu lokal Lombok agar lebih dikenal lebih luas,” kata General Manager Hotel Santika Mataram, Reza Bouvier di Mataram, Selasa (4/10).

Kehadiran menu Ares di Hotel bintang sekelas Santika tentu menjadi hal yang menarik. Awal mula menu Ares jadi sajian di Hotel Santika Mataram, ketika Reza Bouvier selaku General Manager, sering menghadiri hajatan (begawe, Sasak, red) nikahan stafnya ataupun masyarakat yang mengundangnya di perkampungan atau pedesaan.

Hampir di setiap menghadiri hajatan di perkampungan yang ada di Lombok, Reza selalu menemukan sayuran yang disajikan yakni Ares. Berawal dari itu, Reza –pun mulai mencari tahu keunikan dan cara menyajikan Ares sehingga menjadi menarik, tapi tidak menghilangkan citarasa khas lokalnya.

Karena bagaimanapun tamu hotel yang hadir di Santika Mataram dari berbagai latar belakang dan negara tentunya perlu disajikan dengan standar hotel. “Hampir satu tahun saya pelajari menu Ares yang saya temui di setiap hajatan. Setelah melakukan uji coba beberapa kali, baru kami hadirkan sebagai menu  santap di Hotel Santika Mataram,” kata Reza.

Sajian menu Ares sebagai hidangan utama di Hotel Santika Mataram diambil dari pohon pisang pilihan, yakni pisang kepok (pisang saba, Sasak, red). Selanjutnya disajikan dengan kelengkapan rempah-rempah yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat lokal Lombok. Hanya saja, Hotel Santika Mataram menambahkan beberapa rempah-rempah yang membuat menu Ares semakin lezat untuk dinikmati.

Selain itu, masakan menu Ares dikombinasikan dengan daging sapi yang membuat rasa nikmatnya semakin membuat ketagihan konsumen untuk terus ingin menikmati masakan Ares ala Santika Hotel Mataram.

Hotel Santika Mataram menjadi satu-satunya hotel berbintang di Provinsi NTB yang memiliki komitmen mengangkat makanan khas lokal Provinsi NTB baik itu Lombok, Sumbawa dan Bima jadi menu utama di hotel Santika Mataram. Sebelumnya, Hotel Santika Mataram menjadi menu utama “Kelak Kuning”, dan sejumlah makanan khas lokal NTB lainya termasuk “Singang” masakan khas Sumbawa.

“Kami ingin melestarikan budaya dan kuliner lokal NTB tentunya, dan bangga dengan menghadirkan ke dalam menu utama di Hotel Santika Mataram,” pungkas Reza. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid