OJK NTB Gandeng Dikbud Sukseskan Satu Rekening Satu Pelajar

MATARAM – Dalam rangka mensukseskan program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar), OJK bersama Kementerian/Lembaga, industri Perbankan, serta stakeholders terkait di seluruh wilayah Indonesia melaksanakan kegiatan pembukaan rekening, publikasi, dan edukasi keuangan melalui kegiatan Kejar Prestasi Generasi Muda Indonesia (Kreasi muda) di bulan Agustus 2022.

Puncak KreasiMuda di NTB dilaksanakan Rabu (10/8) di Mataram, memanfaatkan momentum Hari Indonesia Menabung tahun 2022. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan KSO (Kerja sama Operasional) antara Kantor OJK Provinsi NTB dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, yang mengacu pada Nota Kesepahaman antara Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor MOU-3/D.01/2021 dan 02/II/NK/2021 tentang Peningkatan Kerja Sama untuk Mendukung Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Bank NTB Syariah dengan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) NTB dalam rangka pembukaan rekening siswa/pelajar dan membuat ekosistem keuangan yang berkelanjutan.

Acara puncak KreasiMuda dihadiri oleh Deputi Kepala OJK Provinsi NTB Rissa Khairunnisa, Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB H Aidy Furqan, Kepala Bagian Perekonomian Setda Provinsi NTB Nana Oktutiana, Kepala Unit Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB Rizky Reflizar, Direktur Dana dan Jasa Bank NTB Syariah Nurul Hadi, Kepala Bagian Perekonomian Kab/Kota se-NTB, Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Provinsi NTB Yuvita, dan Kepala SMA/SMK ,serta 63 sekolah anggota JSIT NTB.

Baca Juga :  Triwulan I-2022 Penyaluran Kredit Perbankan Tembus Rp 56,9 Triliun

Direktur Dana dan Jasa Bank NTB Syariah Nurul Huda menyampaikan bahwa Bank NTB Syariah sangat mendukung program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) melalui produk Simpel, Simpel iB, tabungan eksisting bank (Tambora Junior) maupun produk yg akan dikembangkan kemudian.

Salah satu bentuk dukungan Bank NTB Syariah adalah dengan mengadakan Gathering bersama JSIT se NTB, serta bekerja sama dengan sekolah-sekolah jaringan JSIT melalui pembukaan rekening siswa dan membangun ekosistem keuangan syariah di lingkungan sekolah melalui EduSmart Bank NTB Syariah.

Ketua JSIT Provinsi NTB Yuvita menyambut baik kerja sama keuangan dengan Bank NTB Syariah. Di manaJSIT memiliki visi menjadi penggerak dan pemberdaya bagi sekolah-sekolah Islam dalam memajukan kejayaan Indonesia.

Baca Juga :  Ingat 2L untuk Hindari Investasi Bodong

Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB H Aidy Furqan mengapresiasi pelaksanaan puncak KreasiMuda yang menjadi medium untuk memahami tugas dan fungsi OJK, serta keberpihakan perbankan dalam pelayanan pendidikan.

“Momen ini bisa dimanfaatkan untuk memperkuat silaturahmi bersama kepala sekolah dan guru-guru. Bentuk sinergi yang dijalin OJK, Bank NTB Syariah, dan JSIT NTB dalam mendukung program Kejar, agar dapat diimplementasikan oleh sekolah-sekolah lainnya,” kata Aidy Furqan.

Sementara itu, Deputi Kepala OJK Provinsi NTB Rissa Khairunnisa menjelaskan tujuan kegiatan Puncak KreasiMuda, yaitu meningkatkan komitmen, kerja sama, dan sinergi dengan seluruh stakeholders terkait implementasi Program Kejar dan SiMUDA.

“Kedepan OJK bersama Pemerintah Provinsi NTB, Dikbud Provinsi NTB, dan Industri Perbankan dapat mendorong gerakan Kejar dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, serta menumbuhkan budaya menabung di lembaga jasa keuangan sejak dini,” harapnya. (luk)

Komentar Anda