Nyari Ikan, Dapat Benda Asing, Sempat Dikira Emas Batangan Ternyata Granat

Tim Jibom Subden 3 Den Gegana Satuan Brimob Sumbawa Polda NTB melakukan evakuasi granat nanas di Kel. Brang Bara Sumbawa. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Tim Jibom Subden 3 Den Gegana Satuan Brimob Sumbawa Polda NTB melakukan evakuasi granat nanas yang ditemukan oleh seorang warga bernama Imam warga RT 03 RW 05 Kel. Brang Bara Sumbawa, pada Senin (1/3/2021).
Granat tersebut dievakuasi, Rabu (3/3/2021) sekitar 17.42 WITA, tepat di bawah jembatan Sungai Brang Bara.

Komandan Kompi 1 Batalyon B Pelopor, Iptu Nurdin, S.Ap mewakili Kasubbagminops yang dikonfirmasi membenarkan adanya penemuan granat tersebut.

Berdasarkan keterangan Ketua RT 003 Brang Bara, M. Said bahwa benda diduga granat pertama kali ditemukan oleh warganya yang bernama Imam di dalam air sungai, tepatnya sebelah kiri di bawah jembatan Brang Bara.

“Saat itu Imam sedang menangkap ikan, benda tersebut berada di dalam air, yang awalnya dianggap seperti emas batangan karena diujung benda tersebut terdapat warna kuning selanjutnya diambil. Karena bentuknya tidak asing, benda tersebut disimpan kembali ke dalam air. Kemudian Imam pulang ke rumah dan mencari tahu benda tersebut melalui google,” terang Iptu Nurdin dalam pres rilis yang diterima Radar Lombok.

Keesokan paginya sekitar jam 08.00 Wita, Imam melapor ke Ketua RT 03 Said Asbullah terkait penemuan tersebut. Oleh Ketua RT melapor ke Babinsa dan Bhabinkamtibmas. namun karena kondisi air saat itu dalam keadaan banjir sehingga menunda pencarian menunggu air surut.

Pada Rabu (3/3/2021) pukul 08.00 Wita, saksi bersama beberapa warga mencari benda tersebut di dalam sungai. Selama 20 menit dicari, benda tersebut akhirnya berhasil ditemukan oleh Imam. Lalu dipindahkan ke bawah jembatan karena khawatir banjir lagi.

Pukul 17.20 WITA atau sore harinya, Komandan Kompi 1 Yon B Iptu Nurdin S.AP mendapat telepon dari Danramil kota bahwa telah ditemukan granat oleh warga dengan TKP di bawah jembatan Brang Bara. Selanjutnya Unit Jibom Subden 3 Den Gegana Satuan Brimob Polda NTB yang dipimpin PS Kanit Gegana Aipda Sukri meluncur ke TKP dan langsung melaksanakan pengamanan serta melaksanakan evakuasi ke Mako Batalyon B pelopor dan disimpan di tempat khusus bahan peledak. (*/sal)