Nurul Iqamah Lolos ke Final

TAMPIL; Inilah Nurul Iqamah, atlet panjat tebing yang berhasil tembus final untuk kategori boulder perorangan putri. (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Setelah menuntaskan pertandingan pertamanya di babak kualifikasi, Senin (27/9) kemarin. Cabor panjat tebing NTB yang menurunkan empat atlet, tiga dia ntaranya berhasil lolos ke babak final dan semifinal di ajang PON XX Papua.¬†“Ya, tiga atlet kita lolos ke final dan semifinal. Kategori boulder putri ada Nurul Iqamah yang lolos final. Di kategori lead putra ada Joni Kasria dan Azhar Wan Akbar yang lolos ke semifinal,” beber Manajer Cabor Panjat Tebing, Adi Hendra Susanto, kemarin.

Berdasarkan data pertandingan, Nurul Iqamah dinilai bermainnya cukup bagus untuk kategori boulder perorangan putri. Meskipun nomor tersebut bukan spesialisnya. Karena pada babak kualifikasi yang berlangsung di klaster Mimika itu, Nurul berhasil bertengger di peringkat dua. Kalah dari Fitria Hartani, atlet asal Jatim yang berhasil di peringkat pertama.

Sementara di peringkat ketiga dipegang atlet Jatim, Kharisma Ragil Rakasiwi, peringkat keempat ada Apriana Nasution atlet asal¬†Sumbar. Peringkat kelima ada Salsabila atlet asal Jabar, dan peringkat keenam ada Julita atlet Kepulauan Bangka Belitung. “Di babak kualifikasi ini, ada enam atlet yang lolos ke final. Salah satunya atlet kita, dan satunya lagi atas nama Anggun Yolanda belum beruntung,” ungkapnya.

Sedangkan pada kategori lead perorangan putra, dua atlet NTB lolos semifinal, yakni Joni Kasria di peringkat 17 dan Azhar Wan Akbar peringkat 20. Pada babak kualifikasi ini, ada 30 atlet yang bertarung, dua di antaranya atlet asal NTB.

Setelah melewati pertandingan babak kualifikasi, cuma 28 atlet yang lolos ke semifinal, karena berhasil amankan peringkat 1 sampai peringkat 26. “Atlet yang lolos ke semifinal itu, atlet yang berhasil mengamankan peringkat 1 sampai 26. Adapun pada babak final, hanya 8 atau 6 atlet yang akan bertarung hari ini Selasa (28/9), termasuk Nurul Iqamah,” lanjutnya.

Ketua KONI NTB H Andy Hadianto mengaku sangat bersyukur, karena dari Cabor Panjat Tebing sudah memberikan angin segar untuk kontingen NTB. Cabor panjat tebing ini bakal turun di 14 nomor pertandingan. Saat ini baru dua nomor yang bertanding, yakni boulder perorangan putri dan lead perorangan putra. “Yang jelas ini angin segar buat kita. Kita doakan bersama, Semoga di final Nurul bisa pecah telur emas untuk NTB,” harapnya. (rie)