Nurdin dan Kiai Zul Daftar di DPP PKB

Nurdin dan Kiai Zul Daftar di DPP PKB
DAFTAR: Nurdin Ranggabarani menyerahkan lukisan pendiri PKB, Gus Dur kepada pengurus pusat PKB NTB. (Ahmad Yani/Radar Lombok)

MATARAM–Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) cukup diminati para kontestan di pilkada NTB.

Ketua PKB NTB, Lalu Hadrian Irfani menyampaikan, ada dua calon kepala daerah mendaftar di induk partai itu. Yakni, Nurdin Ranggabarani sebagai calon wakil gubernur NTB dan KH Zulkifli Muhadli sebagai calon gubernur NTB.

“Dua calon Kada ini langsung mendaftar resmi di pusat,” katanya kala menggelar jumpa pers didampingi jajaran pengurus PKB NTB, Senin kemarin (17/7).

Dengan mendaftar dua calon Kada itu, maka total kandidat yang mendaftar di PKB sebanyak tiga belas orang. Sebelumnya, sudah ada sebelas calon kada mendaftar.

Ia mengatakan, meskipun pihaknya sudah menutup bursa penjaringan di daerah, tapi mereka mau mendaftar diperkenankan langsung  mendaftar di pusat dengan rekomendasi diberikan PKB NTB.

Prosedur pendaftaran ini, jelasnya, sudah diatur dalam petunjuk pelaksanaan dan teknis bursa penjaringan calon kepala daerah. “Ini sesuai dengan arahan dan instruksi pusat,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, pada 26 Juli akan dilaksanakan penyampaian visi dan misi yang diperuntukkan bagi calon kepala daerah yang  sudah memenuhi persyaratan. Visi misi ini diperuntukan bagi kandidat yang telah diverifikasi desk Pilkada partai itu.

Sejauh ini, Irfani mengaku sedang melaksanakan proses survei terhadap elektabilitas masing-masing kandidat. Ditargetkan pada Agustus mendatang sudah ada keputusan pengurus induk PKB terkait paket pasangan calon yang diusung. SK tersebut nanti digunakan untuk mendaftarkan pasangan calon di KPU sebagai kontestan di Pilkada.

PKB sebagai salah satu parpol yang tergabung dalam koalisi poros tengah, sebutnya, masih solid dan kompak. Ia optimis parpol koalisi poros tengah akan bisa mengantarkan paket pasangan calon untuk di daftarkan di KPU sebagai kontestan.

Sementara itu, kandidat wakil gubernur NTB, Nurdin Ranggabarani, membenarkan dirinya sudah mendaftar di DPP PKB. Ia pun memastikan siap mengikuti prosedur dan mekanisme yang berlaku dalam penjaringan calon kada di PKB.

Sebagai kandidat calon wakil gubernur NTB dari internal PPP,  keputusan dirinya mendaftar di PKB tak terlepas dari hubungan historis PPP dan PKB. Menurutnya, kedua parpol itu berasal dari rahim nahdliyin. Karena itu, ia optimis PKB akan mendukung dirinya.

Nurdin menegaskan, sepenuhnya ia menyerahkan kepada parpol pengusung calon gunernur NTB akan dipasangkan dengan siapa. “Sama siapa saya berpasangan, biarlah diputuskan parpol pengusung,” pungkasnya. (yan)

BACA JUGA :  Pasangan Warisin-Machsun Telah Deal