NU dan NW Belum Putuskan Dukungan

ILUSTRASI PILKADA

GIRI MENANG-Pilkada Lombok Barat (Lobar) 2018 belakangan ini mulai menyita perhatian sebagian masyarakat Lobar, khususnya melalui media sosial. Terlebih sejumlah nama mulai digaungkan untuk maju. Dukungan pun juga sudah mulai terlihat mengalir ke sejumlah nama yang mulai muncul.

Lantas untuk organisasi Islam sendiri, ke mana arah dukungan? Untuk NU sendiri seperti diterangkan Sekretaris PWNU NTB H. Lalu Winengan mengatakan, sejauh ini di Lobar yang baru jelas-jelas menyatakan diri untuk maju hanya H. Fauzan Khalid yakni Bupati Lobar aktif. Belum ada sosok lainnya yang dinilai jelas-jelas akan maju. Nauvar F. Farinduan sendiri dinilai Winengan belum jelas akan maju, karena sekarang masih berbicara soal pencalonannya sebagai Wakil Bupati Lobar.

NU sendiri diterangkan Winengan, dalam memberikan dukungan, melihat hasil survei tingkat elektabilitas. “Selaku Sekretaris Wilayah NU NTB di Lobar, kita akan melihat. Kalau misalnya pak Fauzan yang sudah kuat yang petahana, ngapain ditinggalkan. Ya sudah dilanjutkan. Ngapain pilih yang tidak jelas menang, tidak jelas nyalon. Yang jelas nyalon kan Fauzan Khalid,” ungkapnya.

[postingan number=3 tag=”pilkada”]

Sebagai petahana kata Winengan, tentu nanti Fauzan bisa maju melalui partai ataupun independent, karena sebagian masyarakat Lobar sendiri sudah mengakui keberadaan Fauzan. Sehingga tidak ada persoalan jika saat ini Fauzan belum memiliki partai. “Jadi bisa lewat partai bisa lewat independent, beliau kan petahana,” terangnya.

Sementara itu Sekretaris PWNW NTB H Irzani mengatakan, semua calon kepala daerah mempunyai potensi untuk didukung oleh NW. Tetapi tentu mekanisme dan protapnya jelas, yakni memiliki kapasitas dan elektabilitas baik dan nanti semuanya diputuskan oleh Ketua Umum PBNW TGH M Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB). Selain itu kata Irzani, sekarang ini masih sedang proses penjaringan dan survei. “Beberapa kader internal NW ada TGH  Mahalli Fikri, ada TGH Hasanain Juaini. Selain itu ada juga abituren seperti bupati sekarang ini Pak Fauzan Khalid, ada Pak Umar Said serta pak Nauvar Farinduan anaknya Pak Zaini Aroni juga punya potensi untuk didukung oleh NW. Kalau dari partai ada Pak H. MNS. Kasdiono juga berpotensi untuk didukung oleh NW,’’ katanya.

Dikatakan, NW akan memberi dukungan pada sosok yang akan membuat Lobar menjadi lebih baik ke depan dan dapat diterima oleh mayoritas masyarakat Lobar. Yang penting juga adalah yang bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi agar kemajuan NTB bisa lebih cepat.

Rencananya lanjut Irzani, TGB akan menyampaikan siapa yang akan diputuskan untuk maju di Lobar dalam waktu dekat. “Kita tunggu saja ya. Sekarang PWNW masih fokus persiapan MUSWIL NW NTB Ke-13 di Lombok Utara nanti tanggal 3-5 Februari 2017. Mudah-mudahan pada saat itu juga akan ada agenda tambahan pembahasan tentang itu,” ungkap dosen IAIN Mataram ini. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid