NTB Tambah 4 Medali Emas

BANDUNG–Kontingen NTB kembali menambah medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat.

Sejak hari Sabtu (24/9), NTB sudah menambah 4 medali emas. Safwaturrahman mempersembahkan emas bagi NTB di nomor lompat jangkit. Safwaturrahman membukukan lompatan sejauh 15,74 meter. ”Saya merasa bangga, karena bisa bawa pulang medali emas,” kata Safwaturrahman usai pertandingan.

Medali emas di nomor ini terasa begitu spesial bagi Safwaturrahman. Pasalnya di nomor ini ia tidak ditargetkan meraih medali apapun. ”Saya orang baru di nomor lompat. Ini sungguh luar biasa,” katanya bangga.

Setelah meraih emas PON, Safwaturrahman mengaku akan fokus di nomor lompat jangkit. Ia berharap dengan  emas di PON ini, ia bia  berhasil meraih medali di level lebih tinggi. ”Saya ingin menjadi orang pertama NTB yang ikut olimpiade di nomor lompat,” harapnya.

Dua emas lainnya dari cabang atletik. Sudirman Hadi,Iswandi, Fadlin dan Safwaturahman berhasil meraih emas dari  lari  estafet putra 4×100 meter putra. Sudirman Hadi,Iswandi, Fadlin dan Safwaturahman mengalahkan pelari Jawa Timur dan Jawa Barat.  Selanjutnya Ridwan di nomor lari  1500 meter putra. Ridwan berhasil menebus kegagalannya meraih emas di nomor 800 meter putra.  Di nomor 1500 meter, dia mencatatkan waktu tercepat dengan 3:54.05, dia unggul 0,1 detik dari Kaharudin asal Jawa Barat dengan waktu 3:54,06 yang memperoleh medali perak. Sementara Budiman Holle dengan catatan waktu 3:54.92 berada di posisi ketiga atau mendapat medali perunggu.

Satu medali emas lainnya disumbangkan dari pencak silat. Medali emas diraih  Mariati di kelas 70-75 kg setelah di laga final menumbangkan atlet tuan rumah Jawa Barat Sofani Rahmalianti dengan skor 5-0. Sedangkan Nurhaeda yang turun di kelas 60-65 kg  di babak final  kalah dari atlet DKI Jakarta Pipiet Kamelia. Atlet pelatnas itu masih terlalu tangguh bagi Nurhaeda setelah menang meyakinkan 5-0.

Asa NTB menambah emas  juga cabang olahraga (cabor) sepeda BMX,  NTB yang ditargetkan oleh KONI NTB untuk mengamankan 1 medali emas.  I Gusti Bagus Saputra gagal mengamankan target tersebut. Padahal sejak mulai mengayuh sepedanya Bagus memimpin. Menejang garis finis, pesepeda tuan rumah Rio Akbar berhasil menyalip. Bagus hanya meraih perak.

Di sepeda BMX putri, Regina Patrica Fane hanya bisa meraih medali perunggu dengan catatan waktu 40. 707 detik. Medali emas dari atlet Jawa Timur.

Medali perunggu juga berhasil disumbangkan Nanang Fahmi Mukhtar di cabor atletik nomor tolak peluru putra. Irwan Wahyudi Saputra menyumbangkan medali perunggu di cabor Taekwondo kelas   Gyorugi Light (Under 74 Kg : max 68.01 Kg – 74.00 Kg) Putra.

Perunggu juga diperoleh Nurul Iqamah di cabor panjat tebing nomor     Boulder Individual Putri. Di cabor tinju, Jubaitul yang turun di kelas Terbang : lebih dari 48 Kg dan tidak lebih dari 51 Kg Putri meraih perunggu. Serta satu perunggu lagi diraih dari cabor atletik nomor 100 meter gawang putri yang diraih Rohani.

Sampai tadi malam, NTB berhasil meraih 6 medali emas, 5 perak dan 12 perunggu. NTB masih berpeluang menambah emas dari etletik 4×400 meter putra,bokser  dan tinju yang masih bertanding.  Ada 4 petinju NTB melaju  di babak final Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang berlangsung di GOR  Tinju Pelabuhanratu, Sukabumi, Jaw Barat (Jabar) 2016.

Pelatih Tinju NTB, Indah Dugi  Cahyono, mengatakan, empat petinju NTB yang maju ke babak final adalah Nasrudin, Putra Samada, Huswatun dan Endang. Sementara Jubaitul gagal ke final setelah dikalahkan  petinju asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Serlin Alin L Kase di kelas terbang (51 kilogram).

Endang yang tampil di kelas 48 kg putri  lolos ke babak final setelah mengalahkan lawannya dari Jabar   di babak semifinal, Minggu kemarin (25/9).

Kemudian,  petinju  , Huswatun yang turun  di kelas Light (Ringan)  60  kg  maju ke babak final setelah menang  TKO atas petinju Jawa Barat (Jabar), Sulvana.   Saputra Samada  mengalahkan petinju Jawa Barat, Kusdyono  di Kelas Welter 69  kg. Dan petinju Nasruddin yang tampil di  kelas  91 kg menang lawan petinju Sumatera Utara (Sumut)  Hasmar Lubis. Keempat petinju NTB itu akan melakoni laga final yang akan berlangsung di tempat yang sama, Senin (26/9) hari ini.

Dugi  Cahyono berharap keempat petinju ini bisa meraih medali emas. Dengan begitu target 2 emas yang dipatok KONI bisa terlampaui.''

Semoga dengan lolosnya 4 atlet ini akan mampu menyumbang medali emas. ''Doa dan dukungan masyarakat,’’ pungkasnya

Terpisah Wakil Gubernur M Amin menyemangati atlet NTB yang tengah bertanding dengan datang ke arena PON Jawa Barat. Ditanya wartawan terkaits eretnya perolehan medali emas, Amin menilai persiapan yang tidak maksimal.  ‘’ Persiapnnya kurang maskisamal, sehingga 15 medali emas itu terancam gagal,’’ ucapnya.  Namun dia meminta para atlet yang tengah bertanding agar tetap semangat dengan mengeluarkan segala kemampuannya agar bisa meraih medali emas.'' Tetap semangat buat atlet,'' katanya.  (cr-adi)