NTB Mall Dampingi 26.381 UMKM Mendapatkan NIB Gratis

NTB Mall
PRODUK UMKM : Indah Purwanti menunjukkan produk UMKM yang tampil di toko offline NTB Mall, Selasa (15/11).

MATARAM – NTB Mall akhirnya resmi bernaung di bawah UPTD Dinas Perdagangan Provinsi NTB. Kehadiran UPTD yang menaungi NTB Mall diharapkan mampu memperkuat pembinaan dalam meningkatkan pemasaran produk UMKM. Kehadiran NTB Mall, yang menjadi ujung tombak pemasaran produk UMKM NTB tersebut kini mulai dirasakan.

Pasalnya, NTB Mall tidak hanya membantu promosi dan penjualan produk UMKM, tapi juga memberikan pendampingan bagi UMKM untk naik kelas, melalui memfasilitasi agar bisa mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Alhasil, dalam waktu kurang dari enam bulan, NTB Mall mampu mendampingi 26.381 UMKM NTB mendapatkan NIB dengan melibatkan 50 orang relawan.

“NTB Mall tidak hanya membantu promosi dan menjualkan produk UMKM, tapi juga memberikan pendampingan agar UMKM bisa memperoleh NIB,” kata Direktur NTB Mall Indah Purwanti, Selasa (15/11).

Indah Purwanti menakhodai NTB Mall mulai awal Januari 2022, menggantikan Ricky Hartono yang menggawangi NTB Mall sejak berdiri pada akhir tahun 2020. Kehadiran Indah di NTB Mall mampu memberikan warna baru dalam memajukan dan mempromosikan produk UMKM NTB. Bahkan, NTB Mall menjalin kerja sama dengan puluhan hotel di Lombok Barat, Lombok Tengah dan Kota Mataram untuk menggunakan produk UMKM. Sedikitnya sudah ada 3000 kamar hotel di Lombok yang menggunakan produk kerajnan acryilic.

Baca Juga :  Menjadi Wirausaha Muda NTB yang Tangguh

Bahkan, dalam kurun waktu 10 bulan memoles NTB Mall, mampu meraup transaksi penjualan produk UMKM, baik secara online melalui e-commerce maupun offline dengan konsumen datang langsung ke toko NTB Mall, mampu meraup penjualan mencapai Rp 2,9 miliar lebih, dengan rincian Rp 1,2 miliar lebih transaksi secara offline di toko NTB Mall dan sisanya Rp 700 juta lebih transaksi langsung ke UMKM melalui fasilitasi temu bisnis dari NTB Mall.

“Alhamdulillah, kami terus gencarkan promosi door to door dan mengoptimalkan media online untuk promosikan produk UMKM. NTB Mall juga membantu penjualan produk UMKM, tentunya tetap dengan profesional,” ucap Indah.

Baca Juga :  Belanja di NTB Mall Dapat Voucher Diskon 20% dan Ongkir Gratis

Ia juga mengaku terus berupaya menghadirkan inovasi bagaimana caranya agar promosi produk UMKM terus degencarkan dan juga penjualannya semakin meningkat, sehingga UMKM merasakan dampak dari peningkatan penjualan. Seperti NTB Mall membuka outlet oleh –oleh khas NTB di dalam Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok. Beberapa hari belakangan ini, transaksi penjualan outlet NTB Mall di BIZAM Lombok cukup menggembirakan.

NTB Mall juga ikut membuat toko daring untuk bisa andil dalam peserta lelang eletronik, melalui LKPP. Alhasil, kini, NTB Mall sudah bisa ikut tender lelang untuk pengadaan produk produk UMKM, dan transaksinya sudah membanggakan.

“Akhir Juni 2022, NTB Mall sudah mulai tampil di LKPP ikut lelang. Kami juga akan terus menghadirkan inovasi untuk memperbanyak promosi produk UMKM,” pungkasnya. (luk)

 

Komentar Anda