NTB Lirik Cina Kembangkan Wisata Halal Food

Gubernur NTB Zulkieflimansyah
Gubernur NTB Zulkieflimansyah (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

MATARAM Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah kembali melirik Cina untuk menjajaki peluang kerja sama pengembangan wisata halal. Gubernur tertarik untuk menjalin kerja sama dengan provinsi Henan di Cina, khususnya terkait pengembangan wisatata halal food.

Gubernur NTB  H Zulkieflimansyah mengatakan, rencana kerja sama dengan Cina, karena potensi besar dimiliki Henan. Henan dikenal sebagai salah satu wilayah terkenal makanan-makanan halal. Bahkan menjadi daerah terbesar yang fokus pada wisata halal.

”Mereka ini punya pengalaman yang baik dalam halal food,” kata Zulkieflimansyah, Minggu kemarin (18/8).

Menurutnya, pengalaman menjadi daerah yang fokus pada halal food, membuat dirinya berencana melakukan training khusus kepada para pengusaha produk pangan NTB. Pasalnya NTB juga dikenal sebagai tempat wisata halal, maka ini menjadi pendukung semakin berkembangnya wisata halal NTB kedepannya.

Dikatakannya, jika para pengusaha pangan mendapat pelajaran khusus tentang halal food di Henan, maka diharapkan nantinya produksi produk pangan pelaku usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat berkembang dengan baik.

”Selain halal food, kita ingin ada direct flight dari Cina langsung ke NTB,” katanya.

Sementara itu, Vice Chairman of Henan H E Mr Zhang Zhenyu mengatakan, membuka peluang kerja sama antara NTB dengan Henan. Apalagi, sejak 4 tahun lalu, provinsi terbesar di Cina ini sudah lama mejalin kerja sama.

”Kami bahas banyak bidang saat bertemu gubernur,” katanya.

Ia menambahkan, kerja sama antara NTB dan Cina, salah satunya dalam bidang pendidikan, pangan halal, pariwisata, kebudayaan, dan lain-lain.

”Kerja sama di bidang produksi mesin juga bisa kita laksanakan,” katanya. (dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid