NTB Bakal Gandeng Bali-NTT di Bidding PON 2028

ATLET : Tampak saat sejumlah atlet Panjat Tebing fokus jajal latihannya di venue yang cukup standar di Mataram. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Prestasi olahraga atlet NTB setiap tahunnya mengalami peningkatan. Terbaru di momentum ajang PON XX Papua 2021 menjadi bukti, sehingga tidak salah kalau Provinsi NTB mengikuti Bidding PON 2028.

Sebelumnya NTB, pernah juga mengikuti Bidding PON menjadi tuan rumah pada PON 2024. Namun posisi NTB yang menggandeng Bali waktu itu kalah dari Aceh-Sumut, sehingga kesempatan selanjutnya akan kembali dimanfaatkan. Pada Bidding PON 2028 ini, NTB bakal menggandeng Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Bisa juga kita gandeng Bali-NTT. Apalagi Gubernur Bali dan NTB itu sahabat saya di DPR RI dulu,” kata Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Kamis (28/10).

Baca Juga :  PSSB Undang Persela Lamongan

Seperti diketahui, beberapa syarat untuk menjadi tuan rumah PON sudah dipegang NTB. Salah satunya NTB sudah membuktikan diri, bahwa prestasi atlet-atlet NTB tidak diragukan lagi oleh olahraga nasional. Terbukti, di PON XX Papua 2021 belum lama ini, NTB mampu mengamankan 38 medali, 15 emas, 11 perak, dan 12 perunggu. Dengan raihan medali itu, secara otomatis NTB mampu bertengger di peringkat 9.

Sementara itu, Kepala Dispora NTB H Surya Bahari mengatakan, perihal Bidding PON ini memang sudah lama dibahas. Bahkan NTB sudah pernah mencobanya bergandengan sama Provinsi Bali. Meski belum berhasil, NTB tetap akan mencoba Bidding PON tersebut, karena semakin berpeluang menjadi tuan rumah bersama.

Baca Juga :  LPKN Mataram Sukses Gelar Tunamen Futsal

Adapun terkait kesiapan NTB dari segi anggaran pada Bidding PON ini, Surya menyebutkan tetap kembali kepada TAPD. Karena tugasnya hanya bisa mengusulkan, namun demikian, untuk mematangkan semuanya. Bagaimanapun caranya, sesuai perintah Gubernur NTB, pihaknya akan membuat tim. Seperti apa dan bagaimana pelaksanaannya, hingga harapan menjadi tuan rumah bisa gol.

“Nanti kita tunggu perintah Pak Gubernur. Yang jelas bagaimanapun caranya pasti kita usahakan,” tutupnya. (rie)

Komentar Anda