Nilmaizar Digadang Jadi Pelatih Timnas Garuda

PADANG – PSSI telah menunjuk Fachri Husaini sebagai pelatih Timnas U-19. Lantas, siapa yang akan menukangi Timnas Senior. 

Nama beberapa pelatih kondang sudah beredar. Antara lain pelatih asing seperti Jacksen F. Tiago dan Dejan Antonic sampai dengan pelatih lokal, sebut saja Nilmaizar, Djajang Nurjaman, Rahmad Darmawan, dan Benny Dollo.

Manajer Semen Padang FC Suratno saat dihubungi Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Selasa (24/5) mengaku mendukung apabila memang Nilmaizar kembali ditunjuk menjadi pelatih Timnas untuk kedua kalinya. ”Karena hal itu adalah tugas negara,” ujar Suranto.

Hanya saja, kata Suranto, pihaknya tetap akan melakukan rapat internal sebelum membuat keputusan terkait pelatih berusia 46 tersebut. 

”Kalau memang dipanggil kami akan melakukan rapat sebelum memutuskan. Namun secara prinsip, Semen Padang FC selalu mendukung Timnas Indonesia,” lanjut mantan pemain Semen Padang era ’80 an itu.

“Sampai saat ini kami belum menerima surat dari PSSI terkait pelatih Timnas,” pungkas Suranto.

Dukungan terhadap Nilmaizar untuk kembali menukangi Timnas Indonesia belakangan memang mengalir cukup kencang. Selain faktor kemahirannya dalam meracik strategi permainan tim, karakter Nilmaizar yang juga dikenal sebagai seorang motivator ulung juga menjadi asalan lain. 

Banyak yang melihat, dengan kondisi persepakbolaan tanah air yang baru bangun dari tidur panjangnya, dibutuhkan sosok pelatih yang bukan hanya kuat dari sisi strategi, tapi juga mampu membangkitkan motivasi dan kebanggaan pemain akan merah putih.

Seperti diketahui, Nilmaizar pernah menangani pelatih Timnas Indonesia pada Piala AFF 2012 lalu. Dengan pilihan pemain yang saat itu terbatas karena terpecahnya persepakbolaan tanah air menjadi dua kubu, yaitu pemain Liga Primer dan Liga Super, penampilan Timnas di bawah asuhan Nilmazair dianggap cukup baik. Termasuk pada saat mengalahkan Singapura 1-0. (y/sam/jpnn)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid