Ngabuburit Sambil Buat SIM Ala Satlantas Polres Lombok Tengah

Tak Tegang, Warga Bisa Buat SIM dengan Tenang

ngabuburit
AKTIK: Tampak warga yang sedang membuat SIM saat mengikuti ujian praktik di Alun-Alun Tastura Praya, kemarin. (M Haeruddin/Radar Lombok)

Program pelayanan pembuatan surat ijin mengemudi ngabuburit (Pasu Gati) Satlantas Polres Lombok Tengah ternyata memiliki daya tarik bagi masyarakat. Pelayanan yang dilaksanakan di Alun-Alun Tastura Praya setiap sore itu tidak hanya dijadikan sebagai ajang membuat SIM. Tetapi masyarakat juga memanfaatkan momen itu untuk menunggu azan Magrib.


M HAERUDDIN-PRAYA


SATU per satu, warga tampak mendatangi mobil milik Satlantas Polres Lombok Tengah yang terparkir di Alun-Alun Tastura Praya. Ada yang sekadar bertanya. Ada yang ingin membuat SIM langsung. Bagi mereka yang sudah mengurus administrasi, langsung praktik. Baik yang membuat SIM C untuk sepeda motor maupun roda empat.

Program Satlantas Polres Lombok Tengah ini memang sudah dilakoni sejak dua tahun ini setiap bulan Ramadan. Jika tahun lalu program ini dinamakan SIM Ngabuburit. Maka tahun ini diubah menjadi pelayanan pembuatan surat ijin mengemudi ngabuburit (Pasu Gati). Yang akronim ini berarti rajin sekali.

Program ini tak terlepas dari ide segar pucuk pimpinan Kapolres Lombok Tengah AKBP Kholilur Rochman. Sehingga program ini bisa terlaksana di samping program-program lainnya yang berkaitan dengan tugas kepolisian. Tak ayal, program ini pun mendapat antusias dari masyarakat.