All New Agya Hadir Lebih Stylish

All New Agya Hadir Lebih Stylish
AUTO SHOW: Krida Toyota gelar Auto Show 2017 dengan menghadirkan berbagai produk Toyota. Tampak SPG siap menawarkan All New Agya di Krida Auota Show 2017 di pelataran Atrium Lombok Epicentrum Mall, Ahad (23/4). (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Sukses menggebrak pasaran otomotif di Provinsi NTB, khususnya kawula muda melalui kendaraan All New Agya selama kurun waktu 2016-2017, kini Toyota kembali menghadirkan All New Agya dengan tampilan baru yang lebih menarik.

Peluncuran Toyota All New Agya ini dihadirkan langsung dalam ajang Krida Auto Show 2017 “Have Fun Go Max” di pelataran Atrium Lombok Epicentrum Mall (LEM), yang berlangsung selama dua hari, 22-23 April lalu.

Peluncuran All New Agya itu juga dihadiri langsung Presiden Direktur (Presdir) selaku Owner Krida Toyota, Koesnardi, dan Branch Manager Krida Toyota, Samsuri Prawiro Hakki.  Selama pameran Krida Auto Show 2017 tersebut, hadir pula ratusan pengunjung yang disambut oleh SPG yang mengenakan pakaian kebaya ala Kartini.

Presdir Krida Toyota, Koesnardi mengatakan, All New Agya selain tampak eksterior keseluruhan dan sisi interiornya yang mendapat perbaikan, bagian mesinnya pun tak hanya yang berkapasitas 1.0 L, namun kali ini juga dihadirkan yang berkapasitas 1.2 L.

Alhasil, mobil segmen entry hatchback dari Toyota ini mampu membangun perspektif baru dan diharapkan mampu memenuhi ekpektasi konsumen Toyota.”All New Toyota Agya ini sangat cocok bagi konsumen muda, yang selalu ingin tampil energik dan styles,” kata Koesnardi, Senin (24/4).

Menurutnya, New Agya muncul untuk mengakomodasi konsumen di kelas generasi muda, atau yang punya jiwa muda. Secara keseluruhan, desain yang dibangun pada sosok New Agya memiliki kesan umum lebih sporti dan kian gaya dari generasi sebelumnya.

“Dengan kehadiran line-up yang semakin lengkap ini ini, New Agya yang lebih stylish serta kinerja mesin yang lebih bertenaga dan efisien, maka akan semakin mampu memenuhi harapan konsumen kami,” kata Koesnardi.

Sementara Branch Manager Krida Toyota, Samsuri Prawiro Hakki mengatakan, sejak diluncurkan ke masyarakat pada 2013 lalu, secara nasional Agya mendapat respons positif seperti terlihat dari penjualannya. Hingga Maret 2017, angka penjualan Agya mencapai 197.310 unit, dengan pangsa pasar diatas 30 unit per bulan pada 2016 lalu secara nasional. Dengan improvement baru, diyakini Toyota produknya akan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Berdasarkan data penjualan, dari total market mini entry wilayah NTB tahun 2016 lalu yang berjumlah 771 unit, Toyota Agya meraih penjualan sebesar 256 unit. Angka penjualan tersebut, Toyota Agya memimpin penjualan di kelasnya dengan pangsa pasar sebesar 33,2 persen secara keseluruah di wilayah Provinsi NTB yang masih dominasi di Pulau Lombok.

“Kami optimistis kehadiran New Agya di tahun 2017 dapat mendukung penjualan Toyota dalam menghadapi kompetisi di pasar otomotif roda-empat khususnya di NTB,” kata Samsuri .

Untuk All New Agya sendiri, Samsuri optimis penjualannya di NTB akan mampu merajai pangsa pasar sesuai kelasnya. Dimana Samsuri menargetkan untuk penjualan All New Agya di Provinsi NTB rata-rata sebanyak 30 unit per bulan, mengingat hingga saat ini Toyota Agya cukup mendominasi di kelasnya.

Aplikasi improvement baru New Agya, didukung oleh penggunaan mesin 1.000 cc yang kini ditingkatkan dengan teknologi Variable Valve Timing with Intelligence (VVT-i) DOHC tiga silinder in-line (segaris), yang mampu menyemburkan tenaga sampai 67 PS @6.000 dengan torsi 9,1kgm @4.000rpm. Sementara untuk mesin 1.200 cc sudah dual VVT-i empat silinder segaris dengan kemampuan mencapai 88 PS @6.000 rpm dengan torsi 11,0 kgm @4.200rpm.

Kedua pilihan engine ini diklaim memiliki tingkat keiritan bahan bakar yang lebih baik dibanding sebelumnya. Penggunaan mesin 3NR, juga diklaim membuat New Agya memiliki suara yang halus dan minim getaran. New Agya 1.L dan 1.2L hadir dengan dua pilihan transmisi, yakni manual transmini (MT) 5-speed dan otomatis transminis (AT) atau matic 4-speed, yang memberikan kenyamanan berkendara.

Pada bagian eksterior mengalami redesign, dari grille yang menekankan aura dinamis dan modern. Sementara lampu bagian belakang mengadopsi desain reverse L-shape, untuk memberikan kesan mewah, sehingga imej modern dan stylish lebih terasa kental. Penggunaan velg 14 inch dual tone alloy dengan proses machining, dan TRD desain yang baru jadi penegas penampilan.

Menonjol pula ubahannya pada bagian smoke projector headlamp di mana sudah mengadopsi model LED light guide. Sedangkan di sektor interior, New Agya mengalami perubahan signifikan dengan kombinasi warna hitam dan darker silver pada interior. Sedangkan fitur baru yang disematkan di kabin adalah new semi bucket, yang lebih tebal dan semakin nyaman.

Untuk memudahkan pengemudi mengoperasikan audio system selama berkendara, New Agya dilengkapi steering switch dan 2 DIN Audio dengan Bluetooth, yang dapat digunakan untuk phone connectivity sehingga menambah kesan modern. Faktor keselamatan tak diabaikan, konsep desain New Agya juga mengedepankan faktor keamanan.

Toyota juga mengaplikasi komponen keamanan, dengan tambahan empat fitur seperti immobilizer, 3 point seat belt untuk semua penumpang, serta pengereman anti-lock braking system (ABS) khusus 1.2L TRD, dan sensor belakang (G & TRD Grade) yang memberikan kenyamanan dan keamanan.

Harga yang dibanderol, bervariasi mulai dari Rp. 155 juta utk Agya 1.0 G M/T dan Rp 176 juta untuk Agya 1.2 A/T TRD untuk harga ‘on the road (OTR) di NTB.  All New Agya juga tersedia dengan pilihan warna grey metalic, red, white, silver metalic, hitam, serta warna baru yang lebih berani yellow. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid