Netralitas TNI-Polri Jaminan Pilkada NTB Damai

Mayjen TNI Benny Susianto
Mayjen TNI Benny Susianto (Ali Ma'shum/Radar Lombok)

MATARAM—Pangdam Kodam IX Udayana Mayjen TNI Benny Susianto mengatakan, dari hasil pantauan TNI seluruh tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di NTB dalam suasana yang kondusif.

Kondisi yang ada sangat mendukung untuk terciptanya pilkada yang damai. ‘’ Dari laporan yang saya terima dari Danrem, suasananya kondusif,’’ ujarnya di sela-sela kunjungan kerjanya di Korem 162/WB Selasa kemarin (13/2).

Dirinya mengagendakan bertemu dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda) NTB. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pilkada yang damai. Oleh karena itu, TNI dan Polri   tidak akan terlibat dalam politik praktis. Hal ini sebagaimana perintah dan penekanan dari Panglima TNI, ahwa prajurit TNI di semua tingkatan pilkada harus netral dan tidak memihak kepada calon manapun. ‘’ Komitmen kita untuk tetap netral dalam pilkada ini. Karena sikap netral inilah yang memberikan jaminan kepastian dan keamanan bagi masyarakat untuk memberikan suara politiknya sesuai dengan hati nuraninya,’’ katanya.  

Netralitas TNI dan Polri ini juga disebutnya sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan pilkada damai. ‘’ Letakkan posisi kita dalam posisi netral. Itu jaminan sudah,’’ jelasnya.

Di pilkada serentak ini, personel TNI turut disiagakan. Pangdam mengatakan, kekuatan pasukan TNI akan tersebar. Seluruh personel tersebut bertugas untuk memback up tugas kepolisian dalam memberikan pengamanan. ‘’ Kita adalah tugas perbantuan kepada Polri,’’ terangnya.

Kedatangannya ke NTB juga bertujuan untuk memperkenalkan diri sebagai Pangdam IX Udayana yang baru. Sebagai pemegang komando tertinggi TNI AD di wilayah Kodam IX Udayana, dirinya ingin mengetahui satuan di bawahnya melaksanakan tugas pokoknya di wilayah Korem 162/WB. ‘’ Saya hadir untuk melayani dan membantu mereka (prajurit) dalam melaksanakan tugasnya masing-masing,’’ Katanya.

Selain itu, kedatangannya itu untuk memberikan semangat kepada para prajurit untuk meningkatkan lagi kinerjanya. ‘’ Saat ini sudah bagus. Tapi saya harap lebih bagus lagi,’’ Pungkasnya.(gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut